Lihat ke Halaman Asli

Jejen Al Cireboni

Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Meningkatkan Kualitas Pakan Ikan

Diperbarui: 26 Juni 2019   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Bagaimana sih cara rahasia meningkatkan kualitas pakan pada ikan gurame, ikan lele dan ikan budidaya yang lain ?

Silahkan dimunum dulu kopianya. Oke lanjut ya.

Apakah Anda sudah tahu jawaban pertanyaan diatas? Kalau belum tahu silahkan tanyakan pada sahabat, saudara atau rekan Anda. Tidak usah ditanyakan ma Ki Joko Bodo, oke !

Kalau sudah tahu ya sudah silahkan di klose saja halaman ini. Kalau belum tahu silahkan Anda kembali minum teh anget, minuman dingin Anda atau secangkir kopi Anda, karena saya akan membahas ilmu yang saya dapat setelah 5 tahun lamanya menjadi pembudidaya gurame.... he 55X serius.

Pakan ikan adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk proses sukses panen dan supaya ikan lebih cepat besar dan berbobot. Dan tentunya kalau pakan ikannya sesuai dengan nutri yang dibutuhkan maka ikan akan cepat besar dan berbobot dan cepat panen akan terlaksana.

Pakan yang bagus untuk percepatan pembesaran ikan itu mengandung 30% protein. Dan harganya lebih mahal dari yang biasa. Dan bagaimana caranya pakan yang biasa juga bisa meningkat kualitas dan mutunya?

1. campur pakan ikan / pelet dengan telur ( kuning telur ) supaya kualitas proteinnya meningkat, bisa telur ayam bisa juga telur bebek lebih tinggi lagi. Atau telur puyuh. 

Dan tentunya yang dicmapur itu adalah kuning telurnya, dicmapurkan merata dengan pakan keringkan lalu berikan pada ikannya. Secara teori maka jelas kadar protein pakan kita akan naik, tapi yang jelas efeknya kalau setiap hari begitu akan membuat air menjadi kotor dan bau. Dan jelas ini bukan suatu solusi malah akan bertambah masalah baru, maka perlu  jadwal dalam mengaplikasikan cara ini.

2. Campur pakan ikan / pelet dengan gula merah ,tetes tebu atau gula pasir Ini rahasia termurah untuk meningkatkan bobot ikan. Dan ini akan meningkatkan mutu dan kualitas pakan ikan. Caranya siapkan gula merah dan rebus setelah itu campurkan merata pada pakannya. Dan dengan terori ini kita akan mengerti kalau banyak probiotik di luar sana menyarnakan memberikannya itu dengan tetes tebu, molase, gula  pasir atau gula merah.

Dan ke 3 yang paling tebukti luar biasa adalah campurankan pakan dengan probiotikbiogan .1 tutup untuk 3 kg pakan. Dan cara ini paling gampang dan tidak mengandung efek samping serta terbukti. 

Tapi ingat Anda harus membuktikannya sendiri , kenapa saya menyarankan menggunakan probiotik Biogan karena sepengalaman saya pribadi pernah menggunakan probiotik tertentu, tapi hasilnya tidak seperti yang dituliskan dalam kemasannya, pernah ikan gurame saya tidak mau makan padahal sudah mengaplikasikan probiotiknya ditambah gula pasir tapi ikan masih saja tidak mau makan, dan kebanykan probiotik malalah kolam guarme saya waktu itu dipenuhi dengan lumut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline