Lihat ke Halaman Asli

Jejen Al Cireboni

Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Meningkatkan Produksi Tanaman Holtikultura dengan Pupuk Organik Cair

Diperbarui: 27 April 2018   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

" Kalau bunganya berbuah semua , cape panen timunnya " begitu kata mas Indra sambil tertawa. Dan semua pun tertawa, di kebun timun di belakang GKBI Plubon Cirebon.

Bila Ingin Oke Gunakan pupuk Alami yang Nyata BIOGAN.

Dok.pribadi

Bunga timunnya banyak banget dan buah-buah yang kecil juga banyak, dan ada beberapa buah timun yang sudah besar .

Makanya mas Indra sebagai menantu yang memiliki kebun timun ini terasa sangat lucu bila saja semua bunga di tanaman timunnya itu menjadi buah semua. Tentu akan sangat cape memetik buat memanennya. Tapi juga tentunya cape yang membahagiakan.

Teringat kisah petani di salah satu wilayah Indramayu yang memakai Pupuk Organik Cair Biogan pada tanaman emesnya, tanamannya itu terus berbuah , bahkan meski pohonnya itu putus tapi masih seger saja, dan sampai tanaman emes punya tetangga sebelahnya itu sudah kering , tanaman emes yang di kasih POC Biogan masih tetap segar dan tetap berbuah. Karena bosan maka barulah dibabad tanamannya.

Begitu juga dengan seorang petani yang juga karyawan di pabrik CV.Java warga desa Winong yang mencoba POC Biogan pada tanaman kacang hijaunya, dan ya seperti itu juga, berbuahagi dan berbuah lagi setiap habis di aplikasikan POC Biogan, sampai tetangga-tetangganya yang menanam kacang hijau juga itu tanaman kacang hijaunya sudah mengering sedangkan punyanya itu masih hijau saja.

Ajaib itulah bukti nyatanya, dan yang utama adalah hasil panennya itu meningkat, dengan usaha dan tenaga serta tambahan biaya pembelian Pupuk Organik Cair BIOGAN tapi juga tanaman tidak cuman subur tapi juga produksinya juga naik.  Bertambah hasil panennya dan bertambah juga pendapatan petaninya.

Ada yang mencobanya di kacang panjang yang sudah mau lebar panen atau akhir panen,kacang panjangnya itu sudah melengkung dan pas diapliasikan POC Biogan, kacang panjangnya itu menjadi lurus dan lebih panjang. Dan pada saat diaplikasikan ke tanaman cabe maka cabenya lebih berisi.

Dok.pribadi

POC Biogan adalah Pupuk Organik Cair murni 100% organik yang ramah dan akrab lingkungan yang ditemukan oleh Bapak Ir.Sujadih Kangoloh ,yang dahulunya adalah anak seorang petani, dan juga dari proses panjang dan perocobaan dan uji coba yang panjang selama hampir 12 tahun.

Dan POC Biogan bukan hanya menghijaukan atau menyuburkan tanaman dan memperbaiki kondisi tanah. Tapi yang utama adalah meningkatkan produksi tanaman , melipat gandakan hasil panen sehingga petani bertambah penghasilannya. Kalau pupuk organik cair yang lain terkenal dengan lambatnya berbeda dengan POC Biogan yang cepat efeknya.

Dok.pribadi

Dan juga Pupuk Organik Cair yang lain biasanya terbuat dari 30% lebih dari N yang membuat tanaman cepat tumbuh dan menghijaukan daun. Dan pupuk model ini bisa digantikan dengan air kencing sapi atau yang sedang populer adalah air kencing kelinci.Tapi ini jelas akan rentan bila dipakai di tanaman seperti padi maka akan mudah rebah, dan dalam meningkatan produksi itu juga biasanya hanya janji  tapi bukan bukti.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline