Lihat ke Halaman Asli

Jejen Al Cireboni

Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Tips Supaya Bibit Ikan-ikan Gurame Tidak Mudah Mati dan Ikan Makan dengan Lahap

Diperbarui: 8 September 2017   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tips ikan makannya lahap dan tetap lincah alias brigas

Bila Ingin OkeGunakan probiotik Alami yang Nyata BIOGAN , "sebelum mengenal probiotik Biogan, saya membuat ramuan untuk meningkatkan nafsu makan ikan gurame sesuai yang saya pelajari di Google dan ikanpun memakan ramuan dan pakan itu, tapi sayang memuntahkannya lagi, begitu juga berbagai probiotik di coba bahkan di campur dengan probiotik lainnya tapi hasilnya biasa saja.

Tidak dengan probiotik Biogan ikan-ikan guram emeningkat nafsu makannya sampai ikan -ikan itu menyenangka ndilihatnya ketika dikasih makan ,ikan-ikan gurame terlihat lahap makan dan dapat dilihat langsung di dalam kolam "

Begitu kira-kira lelaki 2 orang anak ini berkisah perjalanannya dalam mencoba berbagai ramuan serta probiotik untuk meningkatkan nafsu makan ikan-ikan guramenya.

Terlihat begitusemangat lelaki yang tinggal di Kedawung Cirebon ini berceritatentang gurame dan dia sangat menyukai ketika ikan-iakn guramenya itumakannya lahap dan terlihat sangat membahagiakan dan ada kepuasan sendiri saat meberi makan ikan-ikan gurame dan ikanya itu lahap memakannya. 

Iwan namanya beberapa bulan yang lalu dia mampir di padepokan Biogan untuk mencoba probiotik Biogan tapi sayang saya sednag diluar , dan akhirnya kami bisa bertemu langsung di sebuah masjid sekitar Sumber depan Yogya Sumber.

Disana kami bertemu danmengobrol panjang lebar setelah sholat dhuzur diemperan masjid sambilmenikmati mie ayam sebagai santapan makan siang, dan kebetulan saya juga baru mengadakan kunjungan ke peternakan sapi mengenalkan Suplemen Organik Cair Biogan untuk ternak sapi.

Berawal karena memiliki lahan yang sayang kalu dibiarkan mubazir dan tidak digunakan, lelaki dua orang anak ini bercerita pernah membeli bibi tgurame dan sayang  semuanya mati. Padahal itu modalnya adalah dari tabungan ke dua anaknya tapi ya begitula dalam dunia usaha kadang ada saja resikonya.Ini juga pernah terjadi pada kolam  pamanku, 1 balong ikan guramenya mati semua, tapi kemungkinan kematian ini akibat air yang berisi pestisida.

Saya tanya kapan pengirimannya? Juga bagaimana cara menempatkan bibitnya? Juga apakah balong  terpalnya itu sudah dicuci dan dijemur belum ? 

meningkatkan nafsu makan ikan dan menghilangkan stress ikan

Ya tips supaya bibit itu bisa hidup sampai panen adalah pengangkutannya yaitu pengangkutannya itu pagi atau sore hari , sebab kalau pengangkutannya siang dipastikan cuacanya panas dan ini bis a  menyebabkan kematian buat ikan dan tipsnya saat pengangkutan selain diisi air yang bersih juga dikasih probiotik biogan pada air itu supaya ikan tetap terjaga tidak stress dan tetap sehat.

Setelah itu , bibitikan yang diangkut setelah sampai tujuan jangan langsung di ceburka nke dalam kolam langsung apalagi dilemparkan ke kolam ini bisa menyebabkan ikan-ikan stress karena di tempat baru apalagi di lempar kebalog baru, jadi tempat-tempatnya itu dicelubkan ke dalam kolam danbisarkan sampai 30 menit atau lebih baru tempatnya itu dianggakat dan tentu ikan-iakan yang masih dalam wadahnya itu diambilin dengan hati-hati dan sepenuh hati  ini berguna membuat ikan lebih baik dalam adaptasi terhadap lingkungan balong yang baru. Dan syukur-syukur saat penyiapan balong baru itu airnya itu sudah dikasih probiotik Biogan sebelumnya minimal 7 hari. biar air kolam itu lebih sehat dan lebih banyak plaktonnya atau pakan alami ikannya.

Nah yang jangan lupa juga adalah sebisa mungkin terpal buat balong ikannya ini dicuci dulu dan di jemur bair kandungan kimia dan zat yang berbahaya buat kehidupan ikan itu hilang dulu. Apalagi kalu terpal baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline