Lihat ke Halaman Asli

Jejen Al Cireboni

Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Cara Supaya Padi Lebih Kuat terhadap Kekeringan

Diperbarui: 24 Mei 2017   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

padi lebih tahan kekeringan dengan POC Biogan , Terbukti Luar Biasa

Sekarang ini sudah memasuki musim kemarau , teknik pengairan yang baik adalah salah satukunci agar hasil budidaya tanaman padi kita berhasil panen. Tanpa airtentunya budidaya tanaman padi kita akan mati karena kekurangan unsurhara untuk menjalankan kehidupannya.  

Beberapa petanimengambil inisiatif untuk memompa air dari sungai ke sawahnya , meskisistem irigasi sudah ada ratusan tahun yang lalu sejak Indonesia lamayaitu sejak kerajaan Majapahit yang di kenalkan oleh Maulana MalikIbrahim, tapi sayang irigasi sekarang kurang baik malahtanggul-tangul itu menjadi sarang tikus .

Untung yang masih bisa dijangkau dengan pompa air sungainya, bagaimana dengan sawahyang jauh dari sungai , untuk daerah yang masih memiliki sumber airmaka digalilah sawahnya untuk mencari sumber air lalu dipompa dandialirkan kesawah.

Ya bangsa Indonesiaitu dikenal sebagai bangsa yang pekerja keras , untuk pengairan sajakadang petani sampai bermalam-malam memompa iar dari sungai ke sawah. Begitu juga dalam penangulan hama bahkan mereka menyemprot hama dimalam hari, padahal insektisida atau obat hama kimia itu jelasberacun dan belum lagi ada binatang buas seperti ular yang bisa saja ditemui disawah tapi itulah petani berjuang supaya padinya bisa panen, bukan sedikit uang juga sedikit tenaga buat memelihara padi. Maka sebuah omong kosong kalau ada pemimpin atau pemerintah yang bilang penduduk Indonesia itu malas dan sudah lama santainya, makanya blusukannya jangan cuman kepasar tapi juga ke sawah -sawah kapan ya politikus atau pegawai pemerintah blusukan kesawah -sawah dan merasakan betapa mahal atau susahnya menanam padi . Laah ko jadi soktahu ya , maaf pembaca ane khilaf itukan cuman gosip. Maklum listrik dan bensin hilang subsidinya.

Untuk supaya padilebih kuat terhadap kekeringan maka dilakukan upaya selain pengairan yang baik juga menggunakan teknologi organik biogan yang ada dalam POC Biogan atau Pupuk Organik Cair Biogan yaitu dilakukan penyemprotan . Kenapa penyemprotan dengan biogan itu penting saat terjadi kekeringan karena tumbuhan padi saat kekeringan akarnya tidakbisa sempurna lagi menyerap unsur-unsur hara dari bawah tanah menuju ke daun membawa makanan buat dirinya, makanya dilakukan langsung disemprot dari atas supaya kebutuhan unsur-unsur makro dan mikrotumbuhan itu disuplai sempurna sehingga padi tetap sehat dan bisahidup dengan subur juga dalam Teknologi Organik Biogan sudah terbuktipadi lebih kuat terhadap kekeringan bahkan juga terhadap penyakit danhama padi dibandingkan dengan yang tidak memakai teknologi organik biogan.

POC Biogan bukan cuman menyuburkan tapi juga menambah hasil panen bahkan yang terbukti adalah bisa mempercepat panen rata-rata seminggu dengan yang lain. Sudah kita ketahui bersama bahwa pupuk adalah makanan untuk tumbuhan, nah seperti juga makanan kita begitu banyak pilihannya  begitujuga pupuk. Tapi kegunaannya juga fungsinya tidak sama dalam setiap pupuk. Seperti makan kalau asala kenyang ya bisa makan apa saja yangharganya murah dan dipinggir jalan yang jadi maslah apakah sehat ? Apakah suatu hari nanti tidak memberikan efek yang buruk padakesehatan kita?

Nah begitu jugapupuk organik cair , bisa sama POCnya tapi kadungan yang terdapatdidalamnya apakah benar itu bisa meningkatkan hasil panen atau cumanbisa menerubuskan dan menghijaukan kalau cuman subur dan mempercepat pertumbuhan agar hijau air kencing kita saja sudah cukup tapi agarpadi kita lebih  kuat terhadap kekeringan dan meningkatkan produk siapa sudah terbukti pupuk yang Anda pakai saat ini ?

POC Biogan Terbukti Luar Biasa , Anda sudah membuktikannya belum ? 

Kapan Anda maumembuktikan teknologi organik biogan ? 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline