Lihat ke Halaman Asli

Mustafa Kamal

TERVERIFIKASI

Seorang akademisi di bidang kimia dan pertanian, penyuka dunia sastra dan seni serta pemerhati masalah sosial

Benang Merah: Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka Angkatan 1- Dispora Kepri

Diperbarui: 4 April 2017   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Salam Pramuka!

Dulunya saya pikir pramuka itu hanya berkemah/kemping (camping), menjelajah (hacking) sambil memecahkan sandi - sandi  dan nyanyi. seingat saya, aktivitas pramuka yang pernah saya ikuti hanya waktu sekolah dasar (SD) berkemah satu hari, saat itu tugas saya adalah memecahkan sandi karena kata orang saya pintar sebab saya selalu juara kelas cihuuy...! dan menjaga tenda hehe( jadi keinget cewek tenda sebelah ... yg saling kedip-kedipkan mata hahaha....karena saya paling kecil di kelompok saya tak pernah diikutkan kegiatan yang berat seperti latihan baris berbaris , menjeajah dll. oiya Pernah juga sih pergi menjelajah waktu SMP, permainan yang mengasyikkan walau itu hanya dilakukan di kebun penduduk di belakang sekolah. setelah itu saya tak pernah lagi aktif di pramuka karena dilarang ibu, pasalnya saya jatuh demam seminggu setelah ikut berkemah saat SMP. hehehe....

Nah, ketika saya menjadi guru saya ditugaskan kepala sekola menjadi pembina pramuka! saya bingung bukan kepalang karena tak paham betul tentang pramuka ini. apa itu sangga, SKU, bantara , saka, krida, naik tingkat dan sebagainya. kalo anak2 jawab kadang saya jawab seadanya seperti apa yang saya baca diinternet.  kalo latihan minggu saya hanya mengawasi anak latihan, untung di SMA mereka dah mandiri karena sudah tingkatan Penegak.

Nah setelah ikut kursus Mahir Dasar (KMD) baru saya sedikit paham masalah pramuka. Seorang dapat dikatakan seorang pembina pramuka kalau sudah memiliki sertifikat KMD. kursus ini ada jenjangnya setelah KMD nantik ada lagi KML (kursus Mahir Lanjut), KPD (kursus Pelatih Dasar), KPL (kursus Pelatih Lanjut) kalo dah samai ke tingkat ini seorang pembina sudah bisa diangkat untuk jadi pelatih di daerahnya. Sedangkan bagi guru-guru/pembina pramuka yang belum memiliki sertifikat KMD belum dikatakan pembina Pramuka, tapi disebut Pembina Pembantu.

Ada sesuatu yang luar biasa yang akan saya ceritakan pada kawan2, ketika saya ikut KMD ini, KMD yang saya ikuti adalah KMD angkatan pertama  yang dikelola oleh Dispora -kepulauan Riau sebagai tindak lanjut Kepres no. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, sebelumnya pramuka kegiatannya bergerak sendiri (swadaya sendiri).  KMD berlangsung dari tanggal 16 Mei - 23 Mei 2011, kegiatan nya 16-19 Mei kursus materi2 dasar kepramukaan secara teoritis di Bintan Plaza, Tg Pinang, kemudian dilanjutkan 20-23 Mei berkemah di Hutan Lindung Tg. Pinang, untuk mempraktekkan teori yg didapat serta berlatih mendirikan tenda,  sandi, morse, PBB, smapur, penggunaan tongkat, memasak tanpa disediakan bahan bakar  dan lain-lain. kegiatan dibuka dan ditutup langsung Kadis Dispora kepri  pak Endang. Tim Pelatih terdiri dari  kak ussy ( 68 tahun), kak harmoko (62 tahun) , kak yusup (66 tahun) kak amril (61 tahun) , kak basri (44 tahun), kak Tono (48 tahun), kak wasidah (53 tahun), kak abbas (60 tahun).

Kegiatan itu sangat memancing emosi saya karena Tim pelatih kalo dilihat umur mereka sudah sangat tua, tapi phisik dan semangat mereka sangat luar biasa! nampak begitu mereka mencintai Pramuka!! banyak petuah2 hidup, cara mendidik, dan sebagainya yang sangat luar biasa mereka berikan. lebih luar biasa ketika kami mendapat kunjungan pelaku sejarah pramuka di kepri mengunjungi kami beliau adalah kak hery ( 70 tahun lebih) , dua kakinya dan satu tangan mendapat musibah saat kegiatan pramuka, kaki kiri musibah saat kecelakaan saat ikut jambore di Bali, kaki kanan saat jambore dimana saya lupa, dan tangan kiri saat memberikan pelatiahn pramuka dimana yang juga saya lupa....tapi beliau tak pernh berhenti/pensiun membesarkan pramuka, disaat keadaan beliau seperti itu masih menyempatkan diri mengunjungi kami dan memberi nasehat. semoga tangan kanan beliau diselamatkan Tuhan. amieen......

Ada lagi namanya kak nurmadi (75 tahun ) walo dah sepuh beliau tak berhenti mendampingi kami di perkemahan. beliau memiliki ilmu yang sangat luar biasa, sejak dulu beliau tidak pernah tidur selama kegiatan pramuka kata beliau. kebiasaan ini  didapat kata beliau harus menjalani puasa senin-kamis selama setahun tak berhenti, lalu puasa dengan hanya memakan sayuran2 selama 40 hari, terus puasa hanya makan umbi2an selama 40 hari, puasa hanya minum air putih ntah apalagi saya lupa.........mau minta ilmu apa saja pasti dikaish Tuhan , asal serius katanya......sayang beliau bukan penganut Muslim, tapi penganut aliran kepercayaan......dibalik ini semua totalitas nya di pramuka itu sangat luar biasa!

Tim pelatih juga sangat hebat, kak ussy dengan gayanya yg tegas, lugas dalam menyampaikan materi, sangat mudah dimengerti, tidak banyak blablala...tapi langsung ke inti persoalan. Kak Amril yg tegas, dan menghibur bila menyampaikan materi, beliau juga memasukkan teknik2 beladiri, menangai masalah dalam sesion materi beliau. sangat luar bisa mantan kapolres yg satu ini.....

kak Tono, mottonya "Jika engkau Tinggalkan yang haram maka Tuhan pasti  akan menggantinya dengan yg halal" dan pengalaman beliau membuktikan semua...sangat luar biasa...! kak abbas dan kak yusup duet pelatih ini sangat menghibur dan berjiw muda saat melatih...banyak petuah tenang budaya melayu yang sudah punah.....

kak basri gayanya yg nyentrik, kak wasidah yang tegas dan bunda yg satu ini dibalik ketegasan nya ternyata juga penyayang dan enak diajak bercanda serta bercerita ....pokoknya semua luar biasa!

salam pramuka! buat semua kakak pembina se-kepri yg ikut pelatihan ini. Mari kita majukan Pramuka! sebagai sumbangsih kita untuk membentuk generasi bangsa yang mandiri, berbudi pekerti, dan berkarakter patriotisme sejati!

selamat bertugas!!!sayonara......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline