Lihat ke Halaman Asli

Mustafa Kamal

TERVERIFIKASI

Seorang akademisi di bidang kimia dan pertanian, penyuka dunia sastra dan seni serta pemerhati masalah sosial

Rencanakan Liburan Anda Pada 9 April 2014

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Menyikapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang tentang Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Anggota DPR, DPD, dan DPRD, serta merujuk pada ketentuan Pasal 4 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 maka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2014 menetapkan hari Rabu (9/4/2014) sebagai hari libur nasional.  Dalam Kepres itu disebutkan juga hari libur nasional juga berlaku jika ada pemilihan umum lanjutan dan/atau susulan setelahnya. Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar melalui Surat Edaran Nomor Se.2/Men/III/2014  yang ditandatanganinya pada 26 Maret 2014 telah menetapkan 9 April 2014 sebagai hari libur bagi pekerja/buruh. Dengan demikian 9 April 2014 nanti kita semua bisa rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan punya waktu untuk berlibur. Apakah anda sudah merencanakannya? Bagi anda yang ingin berlibur ke Kabupaten Bintan-Kepulauan Riau, penulis merekomendasikan beberapa tempat yang sangat bagus untuk anda kunjungi bersama keluarga atau para sahabat, antara lain: 1)  Kawasan Wisata Internasional Lagoi Di kawasan seluas kecamatan ini banyak terdapat hotel berbintang yang menyediakan berbagai fasilitas tempat rekreasi yang menawan dengan berbagai fasilitas berkelas internasional. Kawasan ini selalu ramai menjadi tempat melancong orang-orang dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Cina, Amerika, Eropa dan tentunya wisatawan domestik. Tempat rekreasi yang disediakan selain pantai dengan pasir putihnya yang aduhai, terumbu karangnya yang masih alami, hutan mangrove yang ditata seperti terowongan di sepanjang sungai Sebong, yang apabila anda pergi melihatnya pada malam hari dengan speed boat yang disediakan 24 jam, anda akan melihat jutaan kunang-kunang berkelap kelip indah disana.

[caption id="" align="aligncenter" width="504" caption="Penulis bersama Istri berpose di gerbang hutan mangrove sepulang menyaksikan Kunang-kunang jam 12 malam. Doc. Pribadi"][/caption] Jika ingin melihat bagaimana indahnya kawasan wisata ini silahkan search di Google dengan kata kunci "kawasan Wisata Lagoi Bintan".  Sekilas untuk menuju ke tempat ini anda dapat melakukan penerbangan langsung dari Jakarta ke Tg Pinang. Kalau dari kota lainnya anda transit dulu ke Batam, lalu melanjutkan perjalanan dengan fery yang ada setiap jam ke Tg Pinang. Dari Tg Pinang anda dapat menyewa taksi atau travel untuk menuju ke tempat ini, karena ke tempat ini tidak tersedia kendaraan umum, Tarif taksi/travelnya sekitar Rp. 250 ribu/sekali antar. Tarif hotel/villa termurah di Kawasan Lagoi adalah sekitar Rp. 500.000,/hari-. Umumnya dikawasan ini transaksi menggunakan Dollar Singapura, namun Rupiah tetap berlaku. 2) Pantai Trikora Kawasan pantai trikora terletak di  sepanjang Jalan Trikora, Gunung Kijang, Bintan.Di kawasan ini juga banyak terdapat hotel dan resort dari yang termurah hingga yang berkelas internasional. Ke kawasan ini juga tidak terdapat kendaraan umum dari Tg pinang. Kalau ingin puas menjelahinya anda dapat sewa Tarif Taksi/Travel yang harganya plus sopir adalah Rp. 500 ribu/hari. Selain menikmati pesona pantai dan batu-batu jadas yang berserakan, anda dapat juga membeli ikan bilis khas bintan dengan tarif lebih murah 50% dari harga pasar.Sepanjang pantainya banyak terdapat tenda-tenda bersantai dengan menu kelapa muda, sea food dan lain sebagainya.

[caption id="" align="aligncenter" width="470" caption="Penulis di salah satu sudut Pantai Trikora yang berair jernih, tak dalam, dengan batu cadas yang menawan . Doc. rpibadi"][/caption] 3) Pantai Sakera Pantai Sakera terletak di daerah Bintan Utara, Tanjung Uban. Pantai Sakera juga tidak kalah indahnya dari pantai di kawasan Lagoi dan Trikora. Hanya saja di kawasan ini tidak terdapat penginapan, hotel ataupun Resort. Anda dapat menginap di Kota Tanjung Uban, yang berjarak sekitar 15 menit dari pantai dengan kendaraan Motor/Mobil. Ke kawasan ini juga tidak ada kendaraan umum.  Kendaraan umum ada hanya dari Kota Tanjung Pinang ke Tanjung Uban. Dari Tanjung Uban anda dapat menyewa ojek ke kawasan ini dengan tarif Rp. 20 ribu atau naik Taksi dari Tanjung Uban dengan tarif Rp. 70 ribu.  Di sepanjang pantainya juga banyak terdapat tenda untuk bersantai dengan menu kelapa muda, sea food dan lain-lain. [caption id="" align="aligncenter" width="504" caption="Penulis dengan adik-adik penulis beberapa tahun lalu di salah satu sudut Sakera. Doc. Pribadi"][/caption] 4. Air Terjun Gunung Bintan Selain wisata pantai, di Kab. Bintan juga terdapat wisata sejarah dengan situs kerajaan Bentan di Kota kara dan Air Terjun di Kawasan Gunung Bintan. Air terjunnya tetap mengalir sepanjang tahun baik musim hujan maupun kemarau. Di sekitar gunung Bintan ini terdapat banyak kebun Durian yang dapat dinikmati dengan harga sangat murah pada saat musim durian. Bila kita mendaki ke Gunungnya (Jangan bayangkan gunungnya setinggi gunung Merapi atau Kelud) yang tidaklah begitu tinggi, namun sedikit terjal dan ditakdirkan sampai ke "Telaga Putri" di atas gunung tersebut yang diyakini disanalah sumber air mancurnya maka jika kita mencuci muka kita di sana ada mitos semua penyakit kita akan sembuh dan kita akan berumur panjang. Namun jarang pendaki yang bisa menemukan telaga tersebut, karena sarat aroma mistis. [caption id="" align="aligncenter" width="403" caption=""Charlie Angels" di Gunung bintan. Doc . Pribadi"][/caption]

Dan masih banyak lagi kawasan wisata lainnya yang dapat anda nikmati di Kabupaten Bintan ini. Selain di Kab. Bintan anda juga dapat berkunjung ke tempat wisata di Kota Tanjung Pinang seperti Pulau Penyengat dengan komplek Istana Penyengatnya, Vihara terbesar di Asia Tenggara, Kelenteng berumur ratusan tahun, patung seribu dan lain sebagainya. Sebelum anda berlibur pada tanggal 9 April 2014 tersebut, penulis menyarankan agar anda jangan sampai "Golput" pula. Sebelum berangkat liburan datanglah paling awal ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana nama anda terdata agar anda bisa mencoblos lebih awal. Pilihlah caleg-caleg terbaik pilihan anda, kalau anda tinggal di kabupaten/kota, anda akan diminta memilih caleg untuk DPRD Tk II kabupaten/kota, Caleg DPRD Tk I Provinsi, Caleg DPR pusat dan caleg untuk DPD. Silahkan pilih mereka yang bisa bekerja dan amanah. Tak jadi soal partainya beda-beda di setiap jenjang.  Ingat, sekarang ini kita memilih orang yang akan duduk di Dewan, bukan milih partai. Sekali lagi jangan Golput sebab pemilu akan tetap sah jika yang ikut memilih hanya 1% dari jumlah DPT yang ada. Taroklah di dapil anda ada 100.000 orang pemilih terdata di DPT. Jika 1% yang ikut nyoblos, dan anggaplah sah semua suaranya maka jumlah suara hanya 1000 suara saja. Bila di dapil anda ada 10 kursi. Maka caleg yang bisa mengumpulkan 100 suara saja sudah dapat kursi Dewan yang terhormat itu. Karena perhitungannya batas ambang satu kursi adalah jumlah suara sah dibagi seluruh jumlah kursi yang diperebutkan di dapil itu. Nah apa jadinya kalau 100 orang itu orang bayaran semua! Maka caleg-caleg yang tak kompetenlah yang akan duduk di kursi dewan yang akan menentukan nasib anda 5 tahun kedepan! So, Nyoblos dulu, baru liburan, okay! Salam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline