Lokasi SMA Negeri 1 Dukun
Lingkup Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, pada materi pemintaan, faktor-faktor dan fungsi permintaan
Penulis Albertus Magnus suwarta
Tanggal, 20 Januarni 2023
Situasi : Beberapa kondisi yang menjadi latar belakang masalah antara lain :
Menurunya motivasi belajar siswa yang di karenakan Metode, model atau media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik dan inovatif. (Dewi, Sayekti, & Khanifah, 2022). Siswa kurang fokus dalam pembelajaran, hal ini seringkali terjadi pada siswa di kelas karena ada beberapa faktor, antara lain siswa masih suka bermain smartphone terbawa kondisi pembelajaran pandemi. Siswa memiliki masalah baik keluarga maupun masalah dalam hal pembelajaran. Sehingga sebagai guru sangat penting mengkondisikan siswa agar kembali fokus mengikuti pembelajaran. Siswa mudah merasa bosan selama proses pembelajaran.Salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran, apabila para siswa merasa nyaman dan senang mengikuti KBM dari awal sampai akhir. Kondisi lingkungan belajar di sekolah kurang menarik dan kondusif sehingga bisa membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar.( (Sabrina, Fauzi, & Yamin, 2017)
Manfaat dari praktik adalah
Diharapkan praktik pembelajaran ini dapat memotivasi diri sendiri dan rekan guru lain untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan berpihak kepada siswa. Diharapkan praktik pembelajaran ini dapat menginspirasi rekan guru lain untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang sama.
Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik ini adalah :
Mendesain, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran agar dapat meningkatkan : 1.Kemampuan peserta didik dalam memahami teori permintaan, menganalisis faktor-faktor permintaan, menggunakan fungsi permintaan dan mengaitkan antara teori dan kondisi nyata sehari hari. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan metode diskusi kelompok berbantuan media quizizz. 2 Tanggungjawab saya sebagai guru adalah melakukan praktik pembelajaran sesuai dengan Rencana Pembelajaran yang sudah dibuat, melakukan asesmen atau penilaian dan evaluasi. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bermanfaat untuk siswa.