Lihat ke Halaman Asli

Best Practice Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Diperbarui: 25 Januari 2023   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi             SMA Negeri 1 Dukun

Lingkup Pendidikan Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, pada materi pemintaan, faktor-faktor dan fungsi permintaan

Penulis Albertus Magnus suwarta

Tanggal, 20 Januarni 2023

Situasi : Beberapa  kondisi  yang  menjadi  latar  belakang  masalah  antara  lain : 

Menurunya motivasi belajar siswa yang di karenakan Metode, model atau  media  pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik dan inovatif. (Dewi, Sayekti, & Khanifah, 2022). Siswa kurang fokus dalam pembelajaran, hal  ini seringkali terjadi pada siswa di kelas karena ada  beberapa faktor, antara lain siswa masih suka bermain smartphone terbawa kondisi pembelajaran pandemi. Siswa memiliki masalah baik keluarga maupun masalah dalam hal pembelajaran. Sehingga sebagai guru sangat penting mengkondisikan siswa agar kembali fokus mengikuti pembelajaran. Siswa mudah merasa bosan selama proses pembelajaran.Salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran, apabila para siswa merasa nyaman dan senang mengikuti KBM dari awal sampai akhir. Kondisi lingkungan belajar di sekolah kurang menarik dan kondusif sehingga bisa membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar.( (Sabrina, Fauzi, & Yamin, 2017)

Manfaat dari praktik adalah 

Diharapkan praktik pembelajaran ini dapat memotivasi diri sendiri dan rekan guru lain untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif dan berpihak kepada siswa. Diharapkan praktik pembelajaran ini dapat menginspirasi rekan guru lain untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang sama.

Peran  dan  tanggungjawab saya dalam praktik ini adalah : 

Mendesain, merencanakan, melaksanakan  dan  mengevaluasi  pembelajaran agar  dapat  meningkatkan : 1.Kemampuan peserta didik dalam  memahami teori permintaan, menganalisis faktor-faktor permintaan, menggunakan fungsi permintaan dan mengaitkan antara teori dan kondisi nyata sehari hari. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan metode diskusi kelompok berbantuan media quizizz. 2 Tanggungjawab saya sebagai guru adalah melakukan praktik pembelajaran sesuai dengan Rencana Pembelajaran yang sudah dibuat, melakukan asesmen atau penilaian dan evaluasi. Agar  tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bermanfaat untuk siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline