Lihat ke Halaman Asli

Dimas Albert Abraham

Ambassador Universitas Internasional Semen Indonesia

Bantu UMKM di Desa Binangun, Mahasiswa UISI Menggunakan Digital Marketing

Diperbarui: 11 Oktober 2020   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama dengan Bu Dennis dan Banner yang terpasang

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) adalah kampus yang berada di Gresik tepatnya di area PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. Tahun ini melaksanakan KKN Tematik secara daring. Sebagai bentuk pengabdian langsung ke masyarakat di masa pandemi covid-19. Berbagai kelompok tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Kelompok A.119 melasanakan KKN di Desa Binangun, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban dengan topik ekonomi.

Permasalahan yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia yaitu kehilangan pekerjaan bagi para buruh, pekerja harian, dan sebagainya. Alhasil, bagi sebagian orang memilih untuk berjualan. Kelompok A.119 mencoba membantu dalam proses digital marketing bagi UMKM yang terdampak maupun bagi UMKM yang baru memulai. Bu Alif, Bu Fira, dan Bu Denis adalah para mitra yang terdampak akibat covid-19. 

Kelompok A.119 menawarkan digital marketing sebagai solusi untuk pemasaran produk dan selanjutnya pada tiap mitra yang memiliki permasalahan kelompok A.119 juga membantu untuk menyelesaikannya. Tidak hanya itu, sosialisasi terkait penggunaan sosial media, contohnya whatsapp, facebook, dan instagram juga penting. Karena terhambatnya pemberian sosialisasi secara online maka kelompok A.119 menuju ke rumah mitra masing - masing. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang baik.

Salah satu mitra yaitu Bu Denis yang terdampak covid-19 dikarenakan suaminya bekerja sebagai tukang dekor untuk pernikahan menjadi tidak ada pekerjaan. Bu Denis berinisiatif membuat donat yang kemudian ditawarkan ke tetangga dan saudara terdekat. Informasi tersebut menyebar di area singgahan utara dan membuat dagangan Bu Denis dikenal. Walau begitu permasalahan ekonomi masih belum sepenuhnya teratasi. Mulai dari pengiriman, ongkos kirim, uang muka (DP), dan juga pemasaran. Disini kelompok A.119 membantu mengatasinya.

Perizinan Desa

Diskusi mitra Bu Alif

Diskusi mitra Bu Fira

Referensi channel youtube dan materi

Walau begitu, kelompok A.119 tetap menghimbau agar para mitra belajar di youtube terkait digital marketing. Namun, kelompok A.119 tidak menutup diri jika para mitra ingin bertanya terkait digital marketing. Diharapkan dengan adanya pengenalan dengan digital marketing dan sedikit membantu para mitra bisa berguna kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline