Lihat ke Halaman Asli

Albert Christianto

follow me @albertchristianto13

Promosi Via Social Media (Social Media Marketing)

Diperbarui: 26 Mei 2017   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Social Media Marketing

Kembali saya akan sharing kepada para sobat bisnis di seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai Social Media Marketing. Sebenarnya saya sudah pernah membahas perihal ini di artikel saya sebelumnya, namun berhubung banyak dari para pembaca yang meminta saya untuk menjelaskan lebih lanjut maka terbitlah artikel ini.

Seperti yang pernah saya katakan di artikel sebelumnya, Social Media Marketing ini merupakan salah satu cara bagaimana usaha yang anda miliki dapat dikenal oleh banyak orang melalui media sosial secara online. Hal ini sangat memungkinkan bagi anda semua, khususnya para pelaku bisnis online, untuk dapat menjangkau target market yang tidak dapat anda jangkau secara offline.

Salah satu jalan untuk memaksimalkan potensi market yang dimiliki oleh media sosial adalah dengan cara meng-iklan-kan produk atau usaha anda tersebut. Pastinya anda saat ini sering sekali melihat banyak iklan bertebaran baik itu di Facebook ataupun mungkin di Instagram. Iklan / sponsor itu dilakukan oleh pihak-pihak pebisnis online untuk membantu memasarkan produk yang mereka miliki. Dan pastinya, untuk “menyuruh Facebook ataupun Instagram untuk membuat iklan dari usaha atau produk yang anda miliki ini akan dikenakan biaya.

Istilah yang digunakan oleh Facebook dan Instagram agar dapat “disuruh” untuk meng-iklan-kan adalah Facebook Ads & Insta Ads. Iklan yang anda posting dengan menggunakan Facebook Ads / Insta Ads akan muncul dengan tulisan “Sponsored”. Anda bisa menggunakan media Carousel Pictures ataupun video agar dapat diiklankan.

Namun, perlu anda ingat, akan terdapat beberapa ketentuan atau syarat yang diajukan oleh pihak media sosial tersebut agar produk anda dapat dibantu untuk diiklankan. Beberapa ketentuan tersebut meliputi biaya iklan per hari, area yang ingin dijangkau, interest dari audience, hingga ketentuan untuk gambar ataupun video yang akan diiklankan.

Biaya untuk iklan melalui media sosial tersebut akan sangat bervariasi. Hal tersebut akan dilihat dari potensi market reach yang ingin anda capai, tujuan pembuatan iklan (untuk click website, like fanpage, atau bahkan menghubungi contact person yang disediakan), dll. Jadi, jika anda ingin menggunakan media sosial sebagai alat iklan atau promosi dari usaha yang anda jalankan, maka saya menyarankan anda untuk lebih detail dalam melakukan persiapan sehingga uang yang anda keluarkan tersebut dapat kembali melalui target market yang mengunjungi dan membeli sesuatu dari produk yang anda tawarkan.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya share pada kesempatan ini. Semoga dapat membawa manfaat bagi para sobat bisnis semuanya. Jangan ragu untuk menulis komentar untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Salam,

Albert Christianto

Digital & E-Commerce Marketer




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline