Lihat ke Halaman Asli

Albar Rahman

Editor, Writer and Founder of Books For Santri (Khujjatul Islam Boarding School)

Jangan Kehilangan Karakter dan Value Diri

Diperbarui: 20 Desember 2023   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dailysocial.id

Percaya gak teman-teman jika kita selalu jatuh cinta dengan sesuatu yang memiliki nilai. Tidak jarang juga kita memilih jatuh cinta pada seseorang yang memiliki  karakter dan value diri sekaligus. 

Aku mulai sadar akan banyak hal ketika memulai perjalanan sebagai mahasiswa, pengajar, jurnalis, dan penulis lepas serta pernah bekerja sebagai Public Relation. Semua pekerjaan ini bertemu dengan banyak orang. Hal yang paling jarang ditemukan adalah value dan karakter yang dibawa setiap orang baik rekan kerja hingga pimpinan sekalipun.  

Ketika hal langka (sulit ditemukan) di atas sulit ditemukan maka kesadaran akan diri kita sendiri juga tumbuh. Aku pribadi dalam perjalanan hari-hari dengan segala kekurangan dan apa adanya diri sendiri dengan menjadi diri sendiri selalu saja mencoba untuk menggali bahkan menumbuhkan karakter kuat dalam diri. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mencoba untuk melihat beragam value diri dari orang lain untuk dijadikan inspirasi entah lewat membaca buku atau bertemu langsung orang-orang sekitar yang jauh lebih hebat dan baik dari diri kita sendiri. 

Dalam dunia seni peran karakter pemain itu sebut saja aktris atau aktor. Kita sebagai penonton akan selalu menangkap kekuatan karakter namun yang jarang kita amati apakah mereka membawa value atau tidak. 

Value diri bisa kita definisikan sebagai spirit atau hal baik yang melekat secara prinsip di diri seseorang. Inilah kesepakatan awal dulu untuk uraian sederhananya tulisan ini. Teman-teman memiliki definisi lain sah-sah saja dan boleh-boleh saja. 

Banyak tokoh dunia yang bisa kita ambil jadi satu inspirasi untuk diri penulis setidaknya. Tokoh politik dunia salah satunya sebut saja Muammar Qadafi, sosok yang memiliki karakter kuat juga value kemanusiaan yang tinggi. Ia berhasil mengokohkan negaranya sebagai negara yang tidak bisa didikte oleh kekuatan manapun, Libya kala itu dipimpin oleh beliau mata uang asing tidak bisa mengambil kendali belanja minyak di negaranya. Libya pun jadi negara kuat dan kaya. 

Sisi kemansunusiaan dan menjadi aspek value tinggi adalah pembelaan Muammar Qadafi terhadap palestina. Dari negaranya dan kekuatan politik yang beliau bisa maka pesan kemanusiaan disuarakan dengan lantang dan tegas. Berkarakter dan memiliki value alias nilai kemanusiaan yang tinggi!

Jangan pernah kehilangan karakter dan value. Inilah pesan jahitan tulisan sederhana ini, sama-sama dan tumbuh menjadi pribadi yang kuat di masa akan datang. 

Salam

Selengkapnya bisa juga pembaca menikmati bacaan lain di laman berikut: Arti Karakter dan Value Diri (3 hal penting pembentuk karakter)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline