Dalam konteks psikologi pendidikan, pertanyaan ini mencerminkan perjalanan individu dalam mencapai tujuan akademis dan pengembangan diri. Ambisi sering kali menjadi pendorong utama bagi siswa untuk belajar dan berprestasi. Namun, saat siswa mencapai titik tertentu dalam pendidikan, mereka mungkin merasa kehilangan arah atau tujuan.
Psikologi pendidikan mengkaji bagaimana faktor-faktor psikologis mempengaruhi proses belajar. Ketika ambisi tidak lagi terarah, penting untuk memahami motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa. Motivasi intrinsik, yang berasal dari dalam diri, dapat membantu siswa menemukan kembali tujuan mereka. Sementara itu, dukungan dari guru dan lingkungan belajar yang positif juga berperan penting dalam mengarahkan ambisi siswa.
Dengan memahami psikologi pendidikan, pendidik dapat membantu siswa mengevaluasi kembali ambisi mereka dan menetapkan tujuan yang lebih realistis dan bermakna. Ini menciptakan ruang bagi siswa untuk berkembang secara holistik, tidak hanya dalam aspek akademis tetapi juga dalam karakter dan keterampilan sosial.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H