Lihat ke Halaman Asli

Albait Arasyid

Menulis untuk dikenang

4 Perawatan Hewan Anjing yang Baik dan Benar Khusus Pemula

Diperbarui: 1 Oktober 2019   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Banyak yang menyukai memelihara anjing dikarenakan hewan ini sangat setia. Anjing tidak hanya bisa menjadi penjaga rumah yang setia namun juga dipercaya bisa meredakan stress. Bahkan memiliki anjing ini bisa dijadikan sebagai kebanggaan karena hewan satu ini tidak hanya lucu namun juga cerdas. Anjing sendiri menjadi hewan yang paling digemari di dunia. Jenis anjing pun bermacam-macam, mereka umumnya memiliki bentuk tubuh terkecil sampai dengan terbesar. Selain itu ada anjing yang berbulu tebal namun ada juga yang berbulu sedang. Namun bagi pecinta anjing yang masih pemula tentu akan bingung untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawat anjing yang baik dan benar. Agar tidak salah, berikut ini adalah cara memberikan perawatan hewan anjing yang baik dan benar:

Makanan Pantangan Anjing

Perawatan pertama yang tidak boleh dilakukan adalah memberikan makanan pantangan. Makanan yang tidak boleh diberikan ke anjing adalah makanan yang asin, cokelat dan telur karena hal itu akan berpengaruh terhadap bulu hewan anjing tersebut. Tidak hanya itu saja, jika ingin memberikan daging atau sumber protein ada baiknya jika Anda memberikannya tanpa bumbu.

Mandikan Sebulan Minimal Dua Kali

Perawatan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mandikan sebulan minimal dua kali. Untuk memandikannya Anda bisa menggunakan shampoo anjing yang banyak dijual di supermarket atau di pet shop. Jangan menggunakan sembarang shampoo karena hasilnya tidak akan bagus. Untuk airnya akan lebih bagus lagi jika menggunakan air hangat. Setelah dimandikan, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer.

Makan Bernutrisi Tinggi

Perawatan hewan anjing yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah berikanlah makanan yang mengandung nutrisi tinggi.  Tumbuh kembang anjing tidak akan maksimal jika Anda tidak memberikannya nutrisi yang lengkap. Nutrisi yang diperlukan oleh anjing adalah protein, lemak, vitamin, dan juga mineral di dalam jumlah yang tepat.  Khusus untuk anakan anjing Anda wajib memberikannya konsentrat agar dia bisa menerima semua gizi tanpa harus memberatkan sistem pencernaannya. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan combining, Anda tidak perlu bingung karena sudah banyak makanan kemasan atau instan dengan nutrisi yang lengkap.

Melatih Anjing

Jangan pernah jemu untuk melatih anjing Anda melakukan berbagai macam hal, karena anjing Anda lahir tidak dalam keadaan terlatih. Jika rutin melakukan kegiatan ini anjing akan melihat Anda tidak hanya sebagai pelatih namun juga sahabat terdekatnya. Hal yang bisa Anda latih adalah membuang kotoran di litter box yang isinya pasir khusus menampung kotoran hewan, buang air kecil di luar rumah, dan lain sebagainya.

Demikian informasi seputar perawatan hewan peliharaan anjing khusus pemula. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline