Lihat ke Halaman Asli

Albait Arasyid

Menulis untuk dikenang

3 Poin Aman yang Harus Dimiliki Peralatan Masak, Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu!

Diperbarui: 3 Mei 2018   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://resepkoki.id/

Dengan begitu banyak peralatan masak beracun yang ditemui di pasaran, rendahnya pengetahuan serta ketidakpedulian pembeli terhadap peralatan masak tersebut akan berdampak buruk atau baik bagi kesehatan. Maka pada kesempatan ini, kami akan memberikan ulasan mengenai peralatan masak yang aman untuk Anda atau keluarga Anda. Berikut ini panduan sederhana untuk membantu Anda memilih peralatan masak paling aman untuk keluarga Anda.

Peralatan masak paling aman harus memiliki tiga kualitas berikut:

  • Alat masak tersebut harus bebas dari racun
  • Alat masak tersebut harus dapat menjaga nilai gizi makanan tetap utuh
  • Alat masak tersebut ramah lingkungan

Yups, benar banget peralatan masak yang aman tentunya harus memiliki 3 kualitas seperti diatas. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah penjabarannya.

Racun di Peralatan Masak

Logam dan keramik adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat peralatan masak. Bahan keramik sarat dengan banyak bahan kimia beracun, pelapis, glasir, dan enamel. Zat kimia ini mengandung logam oksida. Tahukah Anda bahwa logam memiliki kecenderungan untuk bereaksi dengan setiap zat kimia yang bersinggungan, terutama pada suhu tinggi.

Makanan adalah entitas biokimia dan ketika memasak pada peralatan masak yang berbahan logam, ion logam resapan bereaksi dengan nutrisi dalam makanan untuk membentuk racun. Kontaminan tersebut kemudian dicerna dengan makanan dan mulai terakumulasi di jaringan, organ, dan darah seiring waktu. Jika hal demikian terjadi maka masalah kesehatan dan sistem kekebalan Anda akan terganggu.

Peralatan masak yang paling aman harus benar-benar bebas dari segala jenis logam atau racun kimia. Satu-satunya peralatan masak yang biasa ditemui di pasar adalah peralatan masak yang terbuat dari tanah liat murni. Kurangnya kesadaran menyebabkan orang beralih ke logam dalam beberapa dekade terakhir. Tetapi ketika orang-orang menjadi lebih sadar akan pentingnya kesehatan, mereka pasti perlahan-lahan beralih ke peralatan masak tanah liat murni lagi.

"Tanah liat murni adalah bentuk paling murni dari tanah liat primer yang secara alami tidak reaktif dan bebas dari racun."

Bagaimana Peralatan Masak  Mempengaruhi Nutrisi

Panas dari logam dan keramik dapat menghancurkan nutrisi halus (seperti karbohidrat kompleks) dan membuat berkurangnya nutrisi tertentu pada makanan. Nutrisi yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh setiap hari akan berubah menjadi uap saat memasak. Ketika Anda terus makan makanan seperti itu, tubuh Anda akan tetap kekurangan karbohidrat kompleks, nutrisi yang larut dalam air dan nutrisi penting lainnya. Berbeda dengan alat masak yang terbuat dari tanah liat murni.

Panas yang tepat pada alat masak  dari tanah liat murni akan menjaga nutrisi makanan tetap utuh. Karana alat masak yang terbuat dari bahan tanah liat murni biasanya dirancang secara ergonomis sehingga uapnya terkelola dengan baik, tetap berada di dalam dan mengendap pada makanan setelah dimasak.  Ini memastikan makanan yang Anda masak memiliki proporsi seimbang dari semua jenis nutrisi dan tubuh Anda mendapatkan semuanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline