Lihat ke Halaman Asli

Albait Arasyid

Menulis untuk dikenang

Akhirnya George Peabody Muncul di Google Doodle

Diperbarui: 20 Maret 2018   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshot Google

Anda tahu apa itu Google Doodle? Secara sederhana Google Doodle dapat diartikan sebagai logo atau gambar yang ditampilkan oleh mesin pencari Google pada saat ada peringatan tertentu disetiap negara yang support pada Google. Tapi tahukah Anda, ternyata ada yang menarik pada tampilan laman depan Google Doodle hari ini?

Pada hari ini, Jumat 16/03/2018 Google memilih George Peabody atau lengkapnya George Foster Peabody sebagai sosok yang pantas mengisi laman depan Google. Tapi tahukah Anda siapa sebenarnya sosok George Peabody?

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tidak mengenal sosok George Peabody, wajar saja sebab George Peabody bukan warga negara Indonesia. George Peabody adalah seorang kebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Colombus, Georgia pada tanggal 27 Juli 1852 silam. Lalu pertanyaannya, ada hal menarik apakah dari George Peabody sehingga sosoknya dijadikan oleh Google sebagai orang yang pantas ada di laman depan Google?

Berkarakter Gigih

Mungkin karena latar belakang keluarganya yang seorang pengusaha maka sejak kecil George Peabody di didik untuk tetap tegar menghadapi setiap permasalahan hidup. Hal ini dibuktikannya ketika ia sempat putus dari bangku sekolahnya karena perang saudara yang ketika itu melanda. Namun ia tidak berputus asa, ia memilih kerja di sebuah toko dan banyak menghabiskan waktunya di sebuah perpustakaan untuk tetap belajar secara otodidak.

Rajin Beribadah

Tidak hanya berkarakter gigih George Peabody merupakan sosok seorang yang rajin beribadah. Kerap kali ia terlihat di sebuah gereja Brooklyn Heights untuk beribadah. Bahkan dari gereja tersebut ia bertemu dengan seorang bankir yang bernama Spencer Trask yang kemudian hari menjadi teman baiknya sekaligus mitranya dalam sebuah firma milik Spencer.

Suka Berbisnis Investasi

Berawal dari kesuksesan bersama perusahan bisnis investasi milik Spencer. Karir George Peabody di dunia investasi semakin melejit. Bahkan ia menjadi direktur di investasi perkeretaapian. Tidak hanya  itu ia pun menjadi direktur di perusahaan lain yang dibawahi oleh Spencer.

Tokoh yang Dermawan

Meskipun sudah sukses George Peabody  tidak lupa diri, bahkan George Peabody merupakan sosok yang dermawan. Pasalnya ketika mendekati masa pensiunnya ia menyumbangkan setengah hartanya untuk dunia pendidikan di Amerika maupun di Inggris. Oleh karena itu ia disebut sebagai Bapak dermawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline