Lihat ke Halaman Asli

Mudik Asyik

Diperbarui: 13 April 2024   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Subhan sama keponakan

Mudik Asyik

Oleh: Subhan Alba Bisyri.

Jkt. 13 April 2024

Sunyi malam dengar suara Jangkrik,
suara jangkrik bikin menarik .
Idul Fitri pasti gak asyik,
kalau gak sempat pulang Mudik

Setelah mengikuti  pelatihan pelatihan spiritual Ramadhan selama satu bulan, setelah Idul Fitri atau biasa juga disebut lebaran, saatnya  sekarang akrab akraban secara sosial dengan sesama manusia, manusia pertama yang harus di datangi adalah orang tua, Ibu dan bapak, itulah pulang Kampung halaman .

Kalau Bapak sudah tiada seperti bapak saya sudah meninggal sejak 2014 , berarti ziarah berdoa ke kuburannya,  itulah asyiknya mudik, sambil Napak tilas ketemu teman teman , waktu Sekolah dasar dulu, waktu belajar ngaji Alip ,ba',  Ta' dulu. Lihat sawah , ladang , sungai , tempat bermain dulu. Serasa kembali kemasa kecil lagi, dan jadi teringat pentingnya evaluasi, apa tujuan hidup? Apa kontribusi hidup saya untuk orang banyak?.

Mudik saat Idul Fitri, yang menandai berakhirnya Ramadhan, memiliki makna yang mendalam bagi banyak orang Indonesia. Tradisi ini mengacu pada praktik kuno untuk kembali ke "kampung halaman" atau desa guna merayakan perayaan ini bersama keluarga dan teman . Bagi banyak orang, mudik adalah momen yang dinantikan dengan antusiasme, di mana mereka berusaha untuk berkumpul dengan orang-orang tercinta dan merayakan Idul Fitri bersama-sama. Pasti seru

Membahas Mudik . Jelang perayaan Idul Fitri, PT Jasa Marga (Persero) telah merilis prediksi kapan terjadi "puncak arus mudik" di beberapa kota besar Tanah Air. Diperkirakan akan terjadi kenaikan signifikan jumlah kendaraan yang berakibat pada kepadatan di jalur mudik. Puncak arus mudik diprediksi biasanya berlangsung pada H-4 Idul Fitri atau tepatnya tanggal 6 April 2024, untuk lebaran kali ini. Total pergerakan masyarakat diprediksi mencapai "193,6 juta orang", lebih tinggi dari tahun 2023. Sementara di jalur mudik akan ada sekitar "259 ribu kendaraan" pada tanggal 6 April tersebut.

Jalur mudik yang dimaksud adalah kendaraan yang berangkat dari "Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek)". Empat gerbang tol yang akan dilewati oleh pemudik di jalur-jalur tersebut adalah "Ciawi, Cikupa, Kalihurip Utama, dan Cikampek Utama".

Hasil sidang Isbat , Mentri agama mengumumkan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Rabu, Tanggal 10 April 2024.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline