Lihat ke Halaman Asli

Substansi Idul Fitri

Diperbarui: 8 April 2024   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Subhan MUI Proklamasi 

Substansi IdulFitri

Oleh :Subhan Alba Bisyri.
Jkt: 08.04.24.

Dan hendaklah kamu melunasi bilangan (hari Ramadhan), dan hendaklah kamu bertakbir (mengagungkan Alloh) atas segala petunjukNya yang diberikan kepadamu , supaya kalian bersyukur ( QS Al-Baqarah 185).

Esensi IdulFitri. apakah tasyakuran merayakan kemenangan karena selesai puasa selama satu bulan? (Pra IdulFitri), atau hari diperbolehkan Makan dan minum bahkan diharamkan puasa pada hari itu ( saat Idul Fitri). Ataukah dimulainya tranformasi nilai nilai  Ramadhan pada 11 bulan selain Ramadhan ? ( Pasca Idul Fitri) , berikut kita kupas tuntas berkenaan dengan esensi Idul Fitri.

Idul Fitri, juga dikenal sebagai Hari Raya Lebaran, adalah momen yang sangat berarti bagi umat Islam di seluruh dunia. Mari kita bedah Idul Fitri berdasarkan Al-Qur'an dan hadits: Pertama. Keutamaan Idul Fitri dalam Hadis Rasulullah:

"Orang yang melaksanakan shalat Idul Fitri akan mendapatkan ,ampunan dari Allah Swt". Rasulullah bersabda: "Ketika kalian semua melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan kemudian keluar untuk melaksanakan shalat Idul Fitri, maka Allah berfirman: 'Wahai Malaikat-Ku, setiap yang telah bekerja akan mendapatkan upahnya, dan hamba-hamba-Ku yang telah melaksanakan puasa Ramadhan dan keluar rumah untuk melakukan shalat Idul Fitri, serta memohon upah (dari ibadah) mereka, maka saksikanlah bahwa sesungguhnya aku telah memaafkan mereka.

Kemudian ada yang berseru, 'Wahai umat Muhammad! Kembalilah ke rumah-rumah kalian, aku telah menggantikan keburukan kalian dengan kebaikan.' Maka Allah Swt berfirman: 'Wahai hamba-hamba-Ku, kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku, maka tegaklah kalian dengan mendapatkan ampunan-Ku terhadap kalian.'" (HR. Ibnu Mas'ud) .

Idul Fitri bukan hanya tentang pakaian baru, tetapi lebih pada "ampunan dan perubahan baik". Syekh Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairami menyatakan bahwa esensi Idul Fitri bukan sekadar tentang pakaian baru, melainkan tentang "taat dan ampunan". Allah Swt memberikan tiga hari raya di dunia untuk orang-orang yang beriman, termasuk Idul Fitri, setelah sempurnanya ibadah dan ketaatan mereka .

Kedua. Makna Idul Fitri Menurut Al-Qur'an. Surat Yunus ayat 58 menyebutkan bahwa Idul Fitri adalah hari ketika umat Muslim di seluruh dunia berbahagia dan bergembira karena Allah. Mereka telah berhasil menyempurnakan ibadah dan memperoleh pahala puasa .

Beberapa memaknai Idul Fitri sebagai "simbol kembalinya ke kesucian", mencerminkan pembebasan diri dari dosa, kesalahan, dan keburukan. Ini adalah momen untuk kembali kepada keadaan yang suci .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline