Lihat ke Halaman Asli

Cerdas Kapasitas

Diperbarui: 10 November 2022   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Cerdas Kapasitas

Subhan Alba Bisyri.
Kamis, 10 November 2022

Cerdas Kapasitas itu menyiapkan , memperkaya dan memperbaiki apa yang ada dalam diri. Terus berinvestasi untuk memperbaiki diri , untuk sekarang dan yang akan datang. Tujuannya secara kapasitas diri menjadi lebih mapan dan kaya, sehingga tidak terpengaruh apalagi bergantung dengan apapun dari luar diri , karena secara kapasitas sudah selesai dengan dirinya.

Apa yang perlu dicerdaskan secara kapasitas? Ada 4 pilar yang harus di cerdaskan. Diantaranya:

Pertama, kapasitas Fisikal, badan , tubuh, fisik, harus terus di tingkatkan kapasitas nya dengan berbagai macam olahraga, biasakan setiap hari berolahraga walaupun hanya beberapa menit, yang penting rutinitas, membangun kesehatan fisik perlu ada,

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik berinvestasi kesehatan dengan  berolah raga dibandingkan mahalnya pengobatan bila tiba waktu sakit.

Kedua, Kapasitas Spiritual. Kapasitas spiritual ini ada di area ruh, spirit atau metafisik, tak berbentuk tapi terasa, yaitu tuhan. untuk kapasitas ini kita juga perlu membiasakan kontempoasi, evaluasi diri , apa tujuan hidup kita, sudah sampai dimana kita beramal baik, sudah banyaklah  investasi akhirat Kita? Apakah yang kita lakukan tuhan akan tersenyum ataukah malah murka?.

Biasakan setiap hari merenung , bermeditasi dan berdo'a setelah solat lima waktu, atau saat tahajud dan solat Dhuha, sudah banyaklah investasi kebaikan , untuk investasi uhrowi maupun investasi kebaikan terhadap sesama yang bersifat duniawi.

Ketiga, Kapasitas Intelektual , kapasitas ini yang berkaitan dengan kecerdasan otak dan Fikiran. Perlu membiasakan setiap hari mencerdaskan kapasitas otak, dengan cara apa? Tentu dengan cara menyerap ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Tehnisnya,tentu dengan bersekolah, belajar, membaca, menulis, berdiskusi, khusus, pelatihan dan berbagai macam metode belajar.  Tingkatkan terus setiap hari tanpa henti kapasitas intelektual.

Keempat, kapasitas Sosial, kapasitas ini berada pada area hati,karena disinilah terjadi infestasi , moral, nilai nilai, keadilan, kebenaran, kebaikan ,kejujuran dan segala hal yang berhubungan dengan kesalehan sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline