Lihat ke Halaman Asli

Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 27 September 2022   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia karena ia menjadi alat komunikasi yang utama. Sebagai alat komunikasi, bahasa meliputi kata, kumpulan kata,klausa dan kalimat yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan. Bahasa merupakanpenunjang aktivitas kehidupan masyarakat, bahasa, menjadi salah satu unsur paling pentingyang mempengaruhi kehidupan maupun kebudayaan manusia. 

Bahasa indonesa bukan sajabermanfaat sebagai perantara dan bahasa resmi, namun juga berfungsi sebagai saranapemersatu bangsa.

Bahasa indonesia memiliki peran dan fungsi bahasa tertentu yang digunakanberdasarkan kebutuhan seseorang, yaitu untuk :

1. Bahasa sebagai Mengekspresikan diri.

Sejak kecil, manusia menggunakan bahasa sebagai sarana mengungkapkan danmengekspresikan diri pada orang tua. Selain hal tersebut bahasa sebagai pengekspresidiri dapat berupa seorang penulis yang mengekspresikan dirinya melalui sebuahtulisan yang dibuatnya, ada seorang pelukis yang mengekspresikan dirinya melaluisebuah hasil karya lukisan

2. Bahasa sebagai alat komunikasi

Sebagai alat komunikasi, bahasa dipakai buat menyampaikan maksud tertentu agarbisa dipahami orang lain. Perbedaan fungsi bahasa sebagai alat ekspresi diri dansarana komunikasi ada pada tujuannya. Yang pertama sekadar untuk mengespresikandiri agar diketahui oleh orang lain. Adapun saat berkomunikasi, penggunaan bahasadisesuaikan dengan orang yang diajak bicara, dengan tujuan supaya maksud dari daribahasa mudah tersampaikan.

3. Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial

Saat beradaptasi di lingkungan sosial baru, setiap orang akan memilih bahasa yangdigunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Hal ini agar ia mudahberadaptasi dan terintegrasi dengan lingkungan sosial tersebut.

4. Bahasa sebagai alat kontrol sosialSebagai alat kontrol sosial, bahasa bisa sangat efektif. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline