Lihat ke Halaman Asli

Hati-Hati Kadar Kolesterol Anda!

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Seringkali kita mendengar bahwa kolesterol merupakan salah satu momok yang cukup menyeramkan. Karena menurut kata orang-orang bahwa dengan memiliki kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menjadi sarang penyakit lain yang cukup berbahaya. Namun sebagian besar orang memang belum mengetahui betul apa sebenarnya yang dinamakan kolesterol, penyebabnya menjadi tinggi dan hal-hal lainnya. Untuk itu memang diperlukan informasi khusus terkait kolesterol tersebut.

Kolesterol merupakan sebuah komponen dari lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua manusia dan juga binatang. Pada dasarnya, dalam keadaan normal kolesterol ini sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena kolesterol ini memiliki manfaat sebagai salah satu zat sumber energi, membentuk dinding sel-sel yang ada di dalam tubuh, dan juga sebagai dasar untuk pembentukan hormon-hormon steroid. Namun , apabila  jumlah melebihi kapasitas malah akan menghsilkan endapan yang berada dalam pembuluh darah. Dan tentunya keadaan ini malah memberikan dampak sebaliknya bagi tubuh. Kolesterol memiliki 2 bentuk kolesterol yaitu kolesterol baik  (HDL) dan buruk (LDL). Pada keadaan jumlah yang normal maka kolesterol yang baik tersebut akan mengambil kolesterol yang jahat dan juga fosolipida dari darah dan kemudian menyerahkan pada lipoprotein lain dan kemudian diangkut kembali ke hati. Namun jika yang menumpuk merupakan LDL atau kolesterol jahat maka yang terjadi malah akan memberikan berbagai penyakit. Dan memang kadar kolesterol ini dapat diukur dengan alat pengukur yang memang banya disediakan distributor alat kesehatan.

Selain dengan alat yang didapat dari toko yang jual alat rumah sakit , kolesterol ini juga dapat dikontrol bila kita mengetahui faktor penyebab meningkatnya kolesterol. Yang pertama adalah faktor yang dapat dikontrol, yaitu karena mengkonsumsi berbagai makanan yang terlalu mengandung lemak jenuh, keseringan merokok, kurangnya berolah raga, stress, melakukan program diet yang salah, sering meminum minuman kopi, akibat dari adanya penyakit diabetes melitus dan juga terlalu banyaknya memakan berbagai makanan yang memang tidak sehat apalagi bergizi. Untuk faktor yang kedua adalah dari faktor yang tidak dapat dikontrol. Artinya faktor tersebut meskipun kita berusaha apapun bentuknya tetap saja tidak akan terhindari. Faktor tersebut adalah adanya faktor keturunan dan juda usia. Apabila dalam keluarga kita ada yang memiliki kolesterol tinggi maka kemungkinannya akan juga memiliki keturunan dengan resiko kolesterol yang tinggi juga. Sedangkan unutuk usia, setelah kita melewati batsa usia 20 tahun maka kolesterol akan memiliki kecenderungan meningkat. Pada seorang laki-laki kolesterolnya akan cenderung naik lagi saat usianya di atas 50 tahun, sedangkanpada wanita akan kembali naik ketika menopause.

Ciri-ciri yang di dapat selain dari hasil tes dari alat pengecek kadar kolesterol yang ada pada toko yang medical tools, juga dapat dilihat dari gejalanya meskipun hal tersebut juga cukup diketahui ketika kolesterol telah terlanjur tinggi.  Dikatakn bahwa jika kolesterol tinggi maka akan muncul bercak kuning yang terdapat pada kulit, siku, tumut dan paling khusus ada kelopak mata.

Namun bila hal tersebut sangat sulit dideteksi, anda dapat membeli salah satu produk alat pendeteksi kolesterol yang di jual secara online di alamat medicalogy.com. selain alat tersebut juga mudah digunakan dan juga praktis alat tersebut juga akan dengan mudag ditemukan di toko tempat beli alat kesehatan dimanapun dengan harga yang memang bervariasi dan juga model yang beragam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline