Lihat ke Halaman Asli

IKHSAN MAULANA SALAM

alanmaulana_429

Multikultur dan Pluralisme untuk Indonesia

Diperbarui: 18 November 2021   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tidak dapat di hindari bahwa Indonesia merupakan negara multikultural dan pluralisme. Komposisi penduduknya memiliki beragam kebudayaan, suku, etnis, ras, agama dan bahasa sehingga hal ini menunjukan bahwa Indonesia sangat kaya akan keberagaman.

Tetapi apakah sobat kompasiana tau? Bahwa keberagaman ini seharusnya bisa menjadi salah satu potensi yang sangat besar untuk kemajuan bangsa Indonesia lohhh apabila bisa di kelola dengan baik, akan tetapi hal ini juga bisa menjadi sumber konflik bagi bangsa Indonesia, karena perbedaan akan membuat pertikaian antar masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu sebenarnya Indonesia sejak awal sudah di desain oleh founding fathers atau pendiri bangsa ini yaitu untuk mempunyai sebuah sistem kebangsaan yang dapat menaungi seluruh elemen elemen di dalam masyarakat tanpa memandang ataupun membedakan golongan satu dengan golongan yang lain

Nah sebab itu hal tersebut membuat tercipta nya Pancasila berfungsi sebagai dasar negara yang didalam nya memiliki prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan, dan juga bangsa kita memiliki semboyan yaitu Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan yang multikultural. Di dalam UUD 1945 dirancang undang undang yang dapat menjamin keanekaragaman tersebut demi mendapatkan kedudukan yang sama di mata hukum

Masyarakat yang bertempat di Negara Multikultural dan Plural ini diharapkan menggapai persamaan demi untuk memenuhi hak sebagai warga negara dan selain itu negara juga bertanggung jawab penuh terhadap rakyat nya untuk memenuhi hak tersebut.

Akan tetapi didalam catatan perjalanan nya, hingga sampai saat ini Indonesia di benturkan dengan identitas mayoritas dan minoritas, sehingga hal ini sering menyebabkan terciptanya marginalisasi dan diskriminasi. Bukan hanya itu konflik konflik antar suku, kelompok, agama dan golongan juga merupakan suatu ancaman tersendiri bagi multikultural dan plural bangsa ini

Hal hal di atas menunjukan bahwa Indonesia selaku negara Multikultural dan Plural masih belum benar benar bisa mempraktekan point point dan prinsip prinsip dari multikultularisme dan pluralisme tersebut

PERWUJUDAN NILAI MULTIKULTURALISME DAN PLURALISME 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapat diketahui bahwa perwujudan dari nilai multikulturalisme dan pluralisme di Indonesia sangat lah penting. Bersama dengan adanya keberagaman serta potensi nya , nilai multikulturalisme dan pluralisme menjadi sebuah syarat utama demi menjaga kesatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menghormati, menerima dan menyadari keberagaman sangat perlu dilakukan dan di tingkatkan lagi. Hal tersebut demi untuk mewujudkan kesederajatan, kerjasama, dan mengapresiasi sebuah kultur kultur yang kompleks.

Berbagai konsep yang terkait dengan pluralisme dan multikulturalisme meliputi demokrasi, keadilan dan hukum, nilai dan etos budaya, persatuan dengan perbedaan yang setara, penghormatan terhadap budaya nasional, keyakinan agama, ekspresi budaya, ruang privat dan publik, hak asasi manusia, dan hak komunitas budaya. dan berbagai konsep lainnya.

Respon mengenai tentang multikulturalisme dan pluralisme tidak bisa di pungkiri akan membahas berbagai macam masalah yang men support ideologi ini, yaitu demokrasi dan politik, penegakan hukum serta keadilan, dan juga prinsip prinsip moral serta etika, dan juga mutu dan tingkat produktivitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline