Lihat ke Halaman Asli

Kita, Alutsista Nasional, dan Bela Negara

Diperbarui: 31 Januari 2019   07:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kita, alutsista nasional dan bela negara tidaklah bisa dipisahkan. Kita adalah bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akan selalu taat dan tunduk pada aturan, Pancasila dan UUD 1945. Sebagaimana para pendiri bangsa kita, Soekarno-Hatta telah menanamkan kecintaan dan rasa yang tumbuh untuk selalu membela dan bersatu dalam bingkai NKRI. 

Kita pun mengetahui, dengan adanya rasa cinta kepada bangsa dan negara itu akan selalu mengokohkan semangat kita akan persatuan dan kecintaan pada bangsa Indonesia. Kita harus sadar, dan berdirinya kita di tanah Indonesia harus selalu terpupuk semangat patriotisme untuk selalu membela panji-panji Merah Putih.

Sebagai bangsa yang besar, dengan berbagai macam suku, budaya, dan beragam bahasa menjadikan kita sebagai bagian dari Indonesia yang tidak akan pernah terpisahkan. Berdirinya Indonesia sebagai negara yang berdaulat, dan memiliki kemandirian tentunya kita harus selalu tanamkan selalu rasa cinta kita kepada bangsa dan negara. 

Siapapun kita. Dari mana pun asal budaya dan bahasa kita, Indonesia telah menyatukan kita dalam beragam etnis, suku, agama dan juga budaya. Kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala karunia, dan juga segala limpahan yang berupa hidup, kehidupan dan juga udara yang nikmat untuk penghidupan.

Kita pun selalu semangat ketika melihat alutsista nasional kita semakin berkembang dan memiliki daya tempur yang canggih. Sebut saja misalnya Pesawat Sukhoi yang dimiliki Indonesia tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, termasuk Pesawat CN 235 yang merupakan buatan Indonesia murni. Ini adalah pertarungan dalam bidang pertahanan. 

Kita juga berbangga, baru-baru ini dipublish oleh TNI lima unit Helikopter Anti Kapal Selam (AKS) AS565 MBe Panther dari PT Dirgantara Indonesia. Tentunya dengan kehadirian helikopter tersebut semakin memperkuat alutsista TNI untuk melakukan pengamanan di wilayah NKRI.

Kita pun masih memiliki sejumlah pesawat F-16 dan juga beberapa Tank Anoa buatan PT Pindad. Ini pulalah yang semakin mengokohkan kekuatan alutsista di Indonesia. Sebagaimana diamanatkan oleh Menhan Ryamizard Ryacudu bahwa Indonesia akan menfokuskan alutsista nasional dan mengembangankan Badan Usaha Milik Negara Strategis (BUMNS). 

Karena itulah, kita harus selalu mendukung penuh upaya dari pemerintah untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang besar dan berdaulat dengan alutista  nasional yang mumpuni dan ke depan Indonesia menjadi negara yang disegani. Dan yang pasti Indonesia akan menjadi negara penjual alutsista ke negara-negara sahabat.

Lalu bagaimana dengan bela negara. Bela negara harus selalu melekat di dalam jiwa-jiwa kita. Ini selalu harus tertanam di dalam diri kita akan semangat bela negara. Sebab bela negara menjadi pondasi kita untuk berpijak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bela Negara pasti!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline