Lihat ke Halaman Asli

Alam Semesta

Instructional Designer

Teknologi Masa Depan dan Sistem Kompleks

Diperbarui: 18 Juni 2019   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SISU Guest House

Tulisan ini merupakan terjemahan transkrip Kuliah Umum yang saya sampaikan di Shanghai International Studies University pada tahun 2014. Isi kuliah ini sangat panjang. Ini adalah bagian pertama dari kuliah tersebut. Bagian kedua, Multimodalitas dan Teknologi Pendidikan dapat dibaca di sini: Tautan Artikel.

Rekan-rekan dosen yang saya hormati dan mahasiswa yang saya banggakan, selamat sore.  Senang sekali bisa hadir di kampus ini untuk memberikan kuliah di depan mimbar ini. Kesempatan ini merupakan kehormatan bagi saya.

Sebelum saya menyampaikan kuliah, ijinkan saya menyampaikan terima kasih kepada Departemen Urusan Luar Negeri Universitas Studi Internasional Shanghai yang telah mengatur presentasi ini. Terima kasih kepada Dr. Ruobing Chi yang merupakan teman sekampus saya dan juga sesa alumni East West Center. Penghargaan setingginya saya sampaikan juga kepada Professor Jiang Xinyu dan Professor Jin Hui.


Berdiri di mimbar ini dan siap untuk melakukan presentasi hari ini adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan panjang karir saya sebagai pengajaran dan perancang instruksional. Hari ini, saya akan mencoba menyajikan presentasi mengenai Tren dalam Pembelajaran Terdistribusi, Desain, dan Teknologi.


Masa Depan Saya dan Teknologi

Saya berharap presentasi ini dapat digunakan sebagai peta jalan oleh perancang instruksional masa depan di ruangan ini untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja yang penuh tantangan. Ada begitu banyak yang bisa diceritakan tentang masa depan dan tren dalam pembelajaran, desain, dan teknologi. Untuk memulainya saya ingin menunjukkan video masa depan saya kepada Anda.


Video ini dibuat di stasiun Inovasi Masa Depan di Disneyland California. Video ini dikonstruksi berdasarkan jawaban saya terhadap pertayaan mengenai pilihan masa depan saya yang ada pada mesin otomatis di stasiun tersebut. Stasiun ini (waktu itu juga masih) disponsori oleh Siemens Corporation. [Informasi terakhir Siemens telah keluar dari proyek ini, baca https://ziggyknowsdisney.com/siemens-sign-removed-project-tomorrow-epcot/]



Mengacu pada informasi di video, desain, pembelajaran, dan teknologi telah menghasilkan transformasi besar-besaran di dalam penggunaan teknologi. Para peneliti di bidang desain dan teknologi secara berkelanjutan merancang dan membuat alat-alat untuk menunjang kehidupan masyarakat cerdas di masa depan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline