Lihat ke Halaman Asli

Shalat Idul Adha 1437 H di Makodam XII/Tpr

Diperbarui: 13 September 2016   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dr. Muh. Gito Saroso, S.Ag, M.Ag dalam ceramah khutbah Idul Adha 1437 H di Halaman Makodam XII/Tpr

Kubu Raya, Kodam XII/Tanjungpura menggelar shalat Idul Adha 1437 H, di Lapangan Makodam XII/Tpr Jalan Arteri Alianyang No. 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat Senin (12/09/2016). Tampak hadir Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi, Irdam XII/Tpr Kolonel Inf Sudarmadi, Para Asisten, Kabalak, serta seluruh prajurit maupun PNS jajaran Kodam XII/Tpr se-Garnizun Pontianak, juga Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Tien Supriyadi , pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XII/Tpr serta warga masyarakat di Kubu Raya.

Selaku Imam dan Khotib Dr. Muh. Gito Saroso, S.Ag, M.Ag dalam cerahmahnya menyampaikan “bahwa pada hari ini kita teringat oleh dua peristiwa besar dan penting yang dicatat oleh sejarah dan diabadikan dalam Al-Qur’an sebagai momentun yang melukiskan keagungan dan kebesaran Islam yang menggugah perhatian umat manusia di berbagai belahan dunia, yaitu peristiwa ibadah haji dan kurban”, ungkapnya.

Kedua peristiwa haji dan kurban tersebut tidak hanya sekedar diingat dan dikenang begitu saja, akan tetapi perlu dipahami makna simbolik yang terkandung didalamnya dan dihayati serta diterjamahkan dalam bentuk perilaku kehidupan sosial kemanusian sehari-hari. Serta Aspek lain dari ajaran yang diwariskan oleh Nabi Ibrahim As. adalah ibadah kurban. Hari Raya ini disebut Idul Adha artinya hari kurban setelah menunaikan ibadah shalat’ Id pada hari berikutnya, umat Islam akan menyembelih binatang ternak sebagai suatu ibadah kurban, terangnya.

Usai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1437 H, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi secara simbolis menyerahkan hewan qurban kepada Kabintaldam XII/Tpr Kolonel Inf Achmad Mulyono, S.I.P, selaku panitia kurban di Masjid Nurul-Ikhlas Makodam XII/Tpr.

Perlu kita ketahui, bahwa pada tahun ini Kodam XII/Tpr berkesempatan melaksanakan penyerahan hewan qurban, dengan harapan bahwa bantuan tersebut dapat menjadi pemicu sekaligus pemacu semangat warga Kodam XII/Tpr dan masyarakat sekitar dalam berkurban, dikatakan Pangdam XII/Tpr melalui Kasdam XII/Tpr saat penyerahan hewan kurban.

“Pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang rutin kita laksanakan, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dan juga sebagai bentuk kepedulian kita sebagai umat muslim terhadap sesama, terutama kepada orang yang berhak menerima daging kurban”, paparnya.

Lanjut Kasdam diketahui bersama, setiap menyambut momentum Idul Adha, kembali diingatkan untuk memaknai sebuah teladan yang diberikan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam. Kelapangan hati beliau dengan menyerahkan harta dunia yang sangat beliau sayangi, yaitu sang putera Nabi Ismail Alaihissalam, hanya demi mengharap ridho dari Allah Subhanahu Wata’ala, hal ini tentunya mampu menggugah kesadaran kita tentang makna sebuah keikhlasan.

“Dengan keikhlasan bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah Subhanahu Wata’ala dan pada saatnya nanti akan kembali kepada-Nya, sehingga segala sesuatu dan permasalahan yang kita hadapi akan terasa mudah dan dapat kita lalui dengan penuh keikhlasan”, tegasnya.

Kodam XII/Tpr mengumpulkan 23 ekor hewan qurban yakni 11 ekor sapi sedangkan 12 ekor kambing yang akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline