Lihat ke Halaman Asli

Al ZahraDP

Mahasiswa

Sosialiasi Label pada Kemasan Jajanan Anak di SDN Baranangsiang oleh Mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu pangan dari SV IPB

Diperbarui: 1 Juni 2024   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Sosialisi di SDN Baranangsiang/dok. pri

 

Kegiatan Sosialisi di SDN Baranangsiang/dok. pri

Kegiatan Sosialisi di SDN Baranangsiang/dok. pri

 Pada Hari Jum'at, Tanggal 3 Mei 2024 , mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu Pangan Angkatan 58 kelas F2 kelompok 5  melakukan sosialisasi tentang label pada kemasan jajanan anak di SDN Baranangsiang. Pada sosialisasi kali ini didampingin oleh asisten dosen yaitu Desyta Pratiwi dan dosen pendamping yaitu Dr. Ir. Dewi Sarastani M.Si.  Adapun mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat adalah :

1. Al Zahra Dwi P

2. Jesika Azura 

3. Shafira Az-Zahra

4. Danish Ardian Pangestu

  Sosialisasi ini merupakan tugas projek yang dijalani oleh mahasiswa semester 6 dengan input mengimplementasikan wawasan dari 6 mata kuliah yaitu Pengendalian hama dan B3, Pengendalian Bahan Tambahan Pangan, Implementasi SSOP, Implementasi CPPOB, Regulasi Pangan, dan Pengendalian Produksi Pangan Halal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak  agar selektif dalam memilih  makanan kemasan yang lebih sehat dan berkualitas.  Output dari projek ini adalah memberikan wawasan pada masyarakat mengenai pangan yang berkaitan dengan 6 mata kuliah tersebut dengan harapan bahwa masyarakat semakin mengetahui tentang pangan yang aman dan sehat serta mengenal lebih dekat dengan prodi Supervisor Jaminan Mutu Pangan.

Kegiatan Sosialisi di SDN Baranangsiang/dok. pri

  Kegiatan sosialiasi edukatif ini dilakukan pada jam 13:30-15:30 dengan dimulai mengenalkan apa itu label pangan pada anak-anak SD kelas 5, dilanjutkan tentang cara membaca informasi pada label pangan yang dilanjutkan oleh ice breaking. Setelah ice breaking, anak-anak mendapatkan materi pangan halal, label pangan halal, serta pengenalan pentingnya label pangan halal untuk masyarakat muslim. Materi tersebut merupakan input yang anak-anak dapatkan sedangkan output yang didapatkan adalah  anak-anak dapat memahami cara membaca label pangan dan label pangan halal, dapat menganalisis kemasan jajanan serta mengetahui pentingnya label pangan. Hal ini terlihat pada tanya-jawab yang dilakukan, banyak anak-anak menjawab dengan benar dan mengerti tentang materi sosialiasi yang disampaikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline