Lihat ke Halaman Asli

Al ZahraDP

Mahasiswa

Kolaborasi Mahasiswa Vokasi IPB dan UMKM: Optimalisasi Proses Produksi melalui Pelatihan

Diperbarui: 28 November 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan bersama UMKM "Kyoma Kitchin"/dokpri

Pelatihan bersama UMKM "Rumah Mochibo"/dokpri

Pelatihan bersama UMKM "Soes Merdeka"/dokpri

Mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu Pangan Sekolah Vokasi IPB University telah melaksanakan pelatihan untuk UMKM di bogor, pelatihan yang diberi berupa hasil analisis mahasiswa pada UMKM tentang Perencanaan Produksi Industri Pangan (PPIP) yang memuat topik berupa analisis forecasting atau yang biasa disebut dengan peramalan produksi dengan tujuan agar UMKM mengetahui ramalan permintaan produksi, MRP (Material Requirement Planning), perencanaan kapasitas mesin, perhitungan jumlah pekerja, perbandingan biaya pada 3 wilayah berbeda, desain layout produksi berdasarkan CPPOB, dan sekuensing. Tujuan dilakukannya pelatihan Perencanaan Produksi Industri Pangan (PPIP) tersebut adalah agar UMKM dapat mengimplementasikan teori tersebut dengan target meminimalisir pengeluaran dan memperbanyak keuntungan. 

Kegiatan pelatihan ini dilakukan 3 kelompok dari mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu Pangan Sekolah Vokasi IPB pada hari Selasa, 21 November 2003 di Bogor. Pelatihan dibagi 3 sesi, seperti berikut:

1. Pelatihan pertama dilakukan jam 09.30-11.00 WIB oleh kelompok 1 beranggotakan Al Zahra DP, Rafly Aulia Rahman, Awwalu Rohadatil, Salsabila, Denita Dwi, dan Ahmad R pada UMKM Kyoma Kitchin milik ibu Derita Lumbantobing dengan produk keju keriting di Jl. Mutiara Bogor Raya No.17, RT.001/RW.17, Katulampa, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16144.

 Alamat: https://maps.app.goo.gl/8V2vXeKyg4kzb4VG7ifqi.

2. Pelatihan kedua dilakukan jam 14.00-15.15 WIB oleh kelompok 3 beranggotakan Luluah Sabrina, Syahla Sandrina, Hidayat Faiz, Nanda Madia, Jeni Luthfi dan Syifa Azzahra pada UMKM Rumah Mochibo milik ibu Ambar Lestari Kadarsan dan bapak Indra Dharmaputra dengan produk mochi di Jln. Bina Marga No. 13, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.  

Alamat: https://maps.app.goo.gl/JqcvsVfAczd9WfQB9?g_st=ic

3. Pada pelatihan ketiga dilakukan  jam 16.30-17.10 WIB oleh kelompok 4 beranggotakan Eldora Sitohang, Fatiyya  Ariza, Putri Tampubolon, Viony Amelia, Yudhistira Adi pada UMKM Soes Merdeka milik PT. Tirta Ratna dengan produk bolu marmer di Villa Indah Pajajaran, RT.01/RW.07, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153.

Alamat: https://maps.app.goo.gl/72nFXX6Yxg1Bgynv8.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline