Lihat ke Halaman Asli

Metode yang Terlupakan

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pada dewasa ini, sungguh kita semua telah melupakan suatu metode pembelajaran yang sangat baik, seakan-akan telah hilang, padahal metode ini, merupakanmetode yang terbaik dari sekian banyak metode, yaitu metode menghafal. Kenapa saya mengatakan metode terbaik ?, karena banyak orang sukses disebabkkan metode ini, zaman sekarang seolah-olah metode menghafal adalah suatu yang menakutkan. Kita bandingkan orang dulu dengan sekarang. Dahulu terutama mereka orang-orang arab, belajar dengan menghafal. Hingga lahirlah para ilmuan-ilmuan muslim yang merupakan bapak dari perintis SAINS MODERN seperti Jabir Ibnu Hayyan, Al-Khwarizmi, AL-Jazari, AL-Battani dan juga masih banyak yang lain. Dan juga bagi para pemuda yang ingin memepelajari islam, tentu wajib menggunakan metode ini. Sebagaimana kita melihat para sahabat nabi , mempelajarin ilmu yang datangnya dari rasullah SAW, dengan dihafal, begitu juga generasi setelah , seperti imam Asy-syaf’I,imam abu hanifah, imam ahmad bin hambal. Dan juga dipandang dari segi medis, menghafal tidak berbahaya, tidak memiliki efek samping.sebuah penelitian yang dilakukakn oleh Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’, guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud Al-Islamiyyah, menyimpulkan bebeRapa manfaat bagi mereka yang mampu menggunakan metode menghafal.

1.Pikiran yang jernih

2.Kekuatan memori

3.Ketenangan dan stabilitas psikologis

4.Senang dan bahagia

5.Terbebas dari takut, sedih dan cemas

6.Mampu berbicara didepan public

7.Mampu membangun hubungan social yang baik dan memperoleh kepercayaa.

8.Terbebas dari penyakit takut

9.Dapat menungkatkan IQ

10.Memiliki kekuatan dan ketenagan psikologis.

ini merupakan kehebantan metode menghafal, jadi tidak ada alasan lagi bagi mereka yang yang dilingkungan formal ataupun non formal menggunakam metode menghafal.

Selamat mencoba

GERAKAN PEDULI UMAT

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline