Lihat ke Halaman Asli

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Diperbarui: 11 Juli 2024   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teknik dasar sepak bola adalah keterampilan dasar yang harus pemain sepak bola kuasai untuk dapat bermain dengan baik. Penting untuk memahami seluruh komponen teknik dasar sepak bola sebelum mulai bermain. 

Mungkin kelihatannya mudah, namun ada banyak teknik dan keterampilan yang perlu kamu kuasai dalam olahraga permainan ini. 

1. Mengoper dan menerima bola (Passing and Receiving

Keduanya adalah dasar yang paling penting untuk kesuksesan setiap pesepak bola. Namun, akurasi adalah kunci dalam hal passing and receiving. Sebab akan membuat permainan terbuka lancar dan memastikan kemajuan konstan di lapangan yang dapat menghasilkan peluang mencetak gol.

Menerima bola dengan benar merupakan langkah awal untuk melakukan operan yang tepat. Sebab, transisi yang mulus dapat mengarah pada situasi offensive atau penyerangan yang menjanjikan.

Cara mengembangkan teknik dasar sepak bola ini adalah dengan berlatih bersama pemain lain dengan bertukar umpan. Kamu juga bisa memainkan permainan 2 lawan 2 atau 3 lawan 3 di area yang sangat kecil untuk lebih mengembangkan kemampuan passing.

2. Menambak bola ke gawang (Shooting) Setiap pemain membutuhkan keterampilan menembak yang akurat, terutama pemain penyerang. Untuk mengembangkan teknik dasar sepak bola ini, lakukan latihan menembak ke gawang. Targetkan juga sudut gawang yang sangat spesifik saat menendang bola. 

3. Menggiring bola (Dribbing) 

Teknik dasar lainnya yang juga penting untuk dikuasai saat bermain sepak bola adalah dribbling. Meski kelihatannya mudah, ini memerlukan keterampilan penguasaan bola yang tepat dan keseimbangan.

Untuk mengembangkan teknik ini, kamu bisa memanfaatkan cone yang diletakkan di tanah sesuai kebutuhan (jarak, posisi atau, polanya). Ubah posisi benda kerucut tersebut setiap kali berlatih teknik ini. Lalu dribbling melewati cone tersebut. 

Ada dua cara melakukan dribbling, berikut penjelasannya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline