Lihat ke Halaman Asli

Observasi Kasus

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Mini Research”

Oleh: Fikri Arief Husaen

PENDAHULUAN

Pemahamanseseorangterhadap agama dibentukdanditentukanberdasarkanperkembanganpsikologisdanbertahapsesuaidengan proses perkembangan. Selainitujugapengalamansangatberpengaruhterhadappembentukan rasa agama, adanyadayaserapfaktoreksternaldanmasukanmateri-materiataupemahamandariluar yang akandiserapolehotakkemudianmenjadipergolakandalampikiran yang diperdebatkandengankeyakinan.

Namunpadakenyataannyaperkembangan rasa agama dibentukkarenaadanya Religious Conversion, denganmelihatpadacaramemperoleh rasa agama, yaitusecarabertahapdansecaracepat. Bertahapberartisesuaidengan proses perkembangandancepatberdasarkan; konversion, pengalaman yang tiba-tibayang kemudianterjadinyaperdebatanpikirandanledakanemosional yang mengubahpikirandankeyakinan.

Olehkarenanyapadaobservasi mini reaseachinidibahasmengenaiperkembangandalammemperoleh rasa agama, yang objeknyaadalahdiripribadidenganmengkajikisahmasalalu yang pernahdialami yang berkaitandengan rasa agama yang membuatperubahandalamcaraberpikirdanmenjadisebuahkeyakinan yang melekat.

KAJIAN OBSERVASI

Observasiiniberkaitandengankasus yang pernahdialamidalamdiripribadi, kisah yang terjadipadamasalampauketikamasihpadausia proses menujudewasa. Kasusiniberkaitandengan rasa agama yang timbuldandirasakanolehpribadisendiri, yaituadanyapergolakandankonflikpemikiranmengenaialirankepercayaanpadaajaranNUdanMuhammadiyahyang mempengaruhidiriinidalamcara berpikirdanperspektifpandangandalammengamalkanajaranislam.

PENGALAMAN INDIVIDU

Kasus:

Akuterlahirdikalanganmasyarakat yang mayoritasmenganutajaranMuhammadiyah, salahsatupergerakanorganisasiislam yang tertua di Indonesia yang didirikanolehKH. Ahmad Dahlanpadatahun 1912 M. Disanaakudiajarkandandipahamkantentangajaranislamsesuaidenganprinsip-prinsipMuhammadiyahhinggaakuberusia 12 tahun, tamat SD.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline