Lihat ke Halaman Asli

Akreditsi

Merujuk Perkembangan dalam Dunia Pendidikan

Tentang Kami "Akreditsi"

Diperbarui: 3 November 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Akreditsi (Sumber Gambar: Akreditsi) 

Dalam rangka pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Jurnalistik, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, kelompok kami mendapat pembahasan mengenai pendidikan. Telah diputuskan bahwa kami akan menggunakan "Akreditsi" sebagai nama dari perusahaan kami. 

Akreditsi merupakan sebuah akronim yang terdiri dari kata "Akreditasi" dan "Kompetensi". Akreditasi sendiri berasal dari  kata kerja Latin "Accredere". Sedangkan kompetensi berasal dari bahasa Inggris "Competency".

"Accredere" diartikan ke dalam bahasa Inggris sebagai "be admitted to". Dalam bahasa Indonesia, ini berarti sesuatu seperti "memberikan kepercayaan kepada". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, akreditasi diartikan sebagai "pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu".

Sementara itu, "Competency" diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai "Kecakapan" atau "Kemampuan". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, kompetensi merupakan "kewenangan (kekuasaan) untuk menentukan (memutuskan sesuatu)". Maka, dapat disimpulkan bahwa kompetensi merupakan kewenangan dan kecakapan atau kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan.

Berdasarkan beberapa penjelasan mengenai akreditasi dan kompetensi di atas, dapat ditarik satu kesimpulan bahwa, Akreditsi ialah sebuah pandangan untuk menilai suatu program maupun isu-isu atau permasalahan dalam dunia pendidikan berdasarkan kriteria tertentu sesuai dengan kecakapan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Pemahanan ini lah yang meghantarkan kami untuk memilih akronim Akreditsi sebagai nama dari perusahaan kami. Oleh sebab itu, dengan dipilihnya nama tersebut, kami berharap dapat mengimplementasikannya dalam setiap kegiatan mendatang.

Guna mewujudkan makna yang terkandung dalam nama Akreditsi, kami menggunakan slogan "Merujuk Perkembangan dalam Dunia Pendidikan". Dalam hal ini, tentunya filosofi berperan penting untuk membentuk pandangan yang mencakup nilai, tujuan serta prinsip yang menjadi dasar pada slogan tersebut. Untuk dapat memahaminya lebih lanjut, berikut penjelasannya:

  • "Merujuk" bermaksud kepada tindakan mengacu atau mengaitkan satu hal dengan hal lain.
  • "Perkembangan" yakni setiap pembahasaan yang kami informasikan terkait pendidikan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.
  • "Dunia Pendidikan" maksudnya, isu-isu yang kami informasikan akan mencakup pembahasan seputar Pendidikan, mulai dari aspek pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengetahuan, keterampilan hingga bagaimana pendidikan terjadi dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat.

Dari tiga poin di atas, slogan "Merujuk Perkembangan dalam Dunia Pendidikan" sangat cocok dengan makna Akreditsi. Slogan ini dapat menggambarkan nilai, tujuan serta prinsip Akreditsi, yakni informasi yang kami sampaikan nantinya akan berfokus mengenai isu-isu pendidikan dengan cakupan yang luas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Setelah nama dan slogan selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai logo "Akreditsi".

Dapat dilihat pada gambar di atas, sebuah logo tentunya terdiri dari beberapa elemen-elemen yang saling berhubungan. Terdapat sebuah ikon globe, hal ini menandakan bahwa Akreditsi bergerak dalam ranah informasi seputar dunia pendidikan. Kemudian cincin yang melingkari globe menandakan bahwa, informasi atau pun berita yang disampaikan oleh kami bersifat unlimited atau tidak terbatas. Tulisan kapital AKREDITSI menandakan bahwa, berita maupun informasi-informasi seputar dunia pendidikan akan disampaikan oleh kami (Akreditsi). Kemudian bintang bercahaya indah menandakan bahwa, informasi yang akan dibawakan oleh Akreditsi tentunya layak untuk dilihat dan ditunggu.

Maka dapat disimpulkan dari banyaknya penjelasan di atas, Akreditsi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang informasi seputar Pendidikan. Sesuai dengan makna dalam nama, slogan hingga logo Akreditsi, semoga kami dapat mewujudkannya dalam produk jurnalistik yang akan kami buat kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline