Lihat ke Halaman Asli

Hubungan Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi dalam Kehidupan Sehhari Hari

Diperbarui: 1 November 2022   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ontologi merupakan ilmu yang membahas hakikat yang ada yang yang merupakan realita baik merupakan jasmani/konkrit maupun rohani/abstrak . ontologi merupakan salah satu kajian kefilsafatan yang paling kuno. 

Contoh ontologi dalam kehidupan sehari hari, Kita pasti mempunyai sahabat yang kita kenal semasa SD, lalu berpisah dan bertemu 10 tahun kemudian. Secara fisik memang akan berubah entah makin kurus atau gemuk, makin pendek atau tinggi, tetapi masi ada sesuatu yang tetap dalam dirinya. Sesuatu yang tetap itu yang akan membuat kita tetap mengenal sahabat kita, meskipun secara fisik itu berubah. 

Epistomologi merupakan cabang dari filsafat yang berkaitan dengan hakikat/norma norma terhadap sesuatu ilmu. 

Contoh epistomologi dalam kehidupan sehari hari , misalkan contoh tentang sahabat dekat kita, pertanyaan nya adalah bagaimana cara kita mengetahui kalau itu adalah sahabat kita? dengan apa kita mengetahui kalau itu benar benar sahabat kita? mula mula kita hanya bisa melihat sahabat kita dengan panca indra, lalu di analisis dengan akal, akal itu yang akan membuat kita tau bahwa itu adalah sahabat kita 

 Aksiologi merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang nilai nilai atau norma norma terhadap suatu ilmu. 

Contoh aksiologi dalam kehidupan sehari hari, jika di kaitkan dengan contoh di atas tentang sahabat, maka apakah sahabat itu bermanfaat apa tidak dengan kehidupan kita sehari hari?

ini adalah pengertian dan contoh kehidupan sehari hari dari ontologi,epistomologi,dan aksiologi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline