Lihat ke Halaman Asli

Tentang PGSD

Diperbarui: 27 Oktober 2022   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PGSD merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program ini merupakan prodi yang unggul dalam mencetak calon guru SD yang ber akhlaq,menguasai  nilai nilai norma,dan mempunyai inovasi pendidikan. Jurusan ini kerap di remeh kan karena UKT yang bisa di bilang cukup murah dan peminat nya yang banyak. 

Tapi faktanya tidak semudah itu untuk menjadi mahasiswa PGSD, mereka di tuntut untuk memiliki kesabaran yang extra,kreatifitas yang tinggi,semangat emosional yang baik,menciptakan suasana kelas yang seru,membangun mood siswa,memainkan alat musik,menggambar,dll. Bukan hanya itu calon guru ini juga harus bisa mengerti psikologi masing masing siswa.

Apa saja yang di pelajari  mahasiswa di PGSD? mahasiswa akan di ajarkan perkembangan peserta didik,psikologi anak,filsafat pendidikan,filsafat pendidikan,bhs indonesia,bhs inggris,agama,matematika,DLL. 

Selama kuliah mahasiswa PGSD tidak di ajarkan tentang teori saja,tetapi ada praktek nya juga seperti PPL (Program Pengalaman Lapangan). Saat PPL ini mahasiswa PGSD akan merasakan menjadi guru betulan karna mahasiswa akam terjun ke sekolah untuk mengajar dalam waktu tertentu.

Banyak keuntungan yang di perolah dari seorang lulusan PGSD. Lulusan PGSD bisa menjadi jembatan kesuksesan,karena akan menjadi pahlawan tanpa tanda saja. Pemerintah juga merekrut sarjanan pendidikan terabaik untuk menuju guru Garis Teladan. Dari program itu mereka akan di siapkan menjadi guru yang mempunyai kualitas yang baik dan membantu upaya pendidikan Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline