Syalom...
Saat ini saya akan merefleksikan materi Teknologi dan informasi yang sudah kami pelajari dengan dosen pengampu Dr. Juliana M, Sumilat, M.Pd mengenai shortcut word, merge and center excel, rumus excel, penggabungan excel ke word
Baik kita masuk pada pembahasan yang pertama yaitu shortcut word disini kita akan membahas mengenai fungsi dari berbagai macam control yang ada di computer kita.
FUNGSI CTRL A-Z
- Ctrl + A: tombol Select All, untuk mem-block semua tulisan pada lembar kerja
- Ctrl + B: memberikan efek tebal pada tulisan atau angka
- Ctrl + C: sebagai cara untuk menyalin atau meng-copy tulisan
- Ctrl + D: memilih font pada Ms. Word
- Ctrl + E: membuat rata tengah tulisan (center alignment)
- Ctrl + F: untuk mencari karakter (find character)
- Ctrl + G: Go To
- Ctrl + H: memiliki fungsi untuk menggantikan teks dengan teks lain atau mengganti dengan format lain
- Ctrl + I: memberikan efek miring pada tulisan, baik huruf maupun angka (italicize)
- Ctrl + J: membuat tulisan dengan rata kanan kiri (justify alignment)
- Ctrl + K: membuat Hyperlink
- Ctrl + L: membuat tulisan menjadi rata kiri (left alignment)
- Ctrl + M: memberikan indentasi paragraf dari kiri
- Ctrl + N: membuka jendela baru atau file baru
- Ctrl + O: membuka file baru
- Ctrl + P: perintah untuk mencetak atau print
- Ctrl + Q: mengubah gaya tulisan atau paragraf menjadi normal
- Ctrl + R: membuat rata kanan tulisan (right alignment)
- Ctrl + S: menyimpan file (save atau save as)
- Ctrl + T: membuat Hanging Ident
- Ctrl + U: memberikan garis bawah pada tulisan, baik huruf maupun angka (underline)
- Ctrl + V: menampilkan tulisan yang sudah disalin atau di-copy (paste)
- Ctrl + W: menutup menu Word
- Ctrl + X: memotong tulisan yang sudah diblok
- Ctrl + Y: mengembalikan sesudahnya (redo)
- Ctrl + Z: mengembalikan sebelumnya (undo)
Pembahasan kedua yaitu pada Microsoft excel mengenai penggunaan Merge and Center untuk membuat daftar nilai siswa. Berikut ini cara penggunaan merge and center:
Kita buka Microsoft Excel lalu siapkan tabelnya.
Pilih (blok) cell yang akan digabungkan
Klik Tab Home pada Ribbon
Klik Merge and Center pada Alignment Group.
Selanjutnya, kami juga diajarkan untuk menentukan jumlah nilai, nilai minimum, nilai maksimun, dan juga nilai rata-rata siswa dengan menggunakan rumus Excel.