Lihat ke Halaman Asli

akmaludin AKMALUDIN

Saat ini masih aktif sebagai dosen di kampus universitas bina sarana informatika dan universitas mandiri

Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pembukaan Akses Internet dan Sosialisasi Pemanfaatan Internet

Diperbarui: 2 November 2021   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dari kehidupan masyarakat yang utamanya bertani, tentunya kepala desa Balekambang cukup banyak memiliki permasalahan untuk membangun desanya, sehingga kami mencoba melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat untuk berkomunikasi lebih dekat dengan Kepala Desanya untuk mengetahui lebih lanjut terhadap permasalahan  yang dirasakan kepala Desa Balekambang. 

Dari hasil yang didapat kami mempunyai inisiatif untuk membantu permasalahan bagi Warga Masyarakat Desa Balekambang yang mana belum terlaksananya penyediaan jaringan akses untuk fasilitas internet  dan kurangnya pemanfaatan penggunaan internet secara menyeluruh di Desa Balekambang. 

Dengan panggilan ini kami selaku Dosen Universitas Nusa Mandiri yang dibantu oleh sejumlah mahasiswa untuk memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Balekambang, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dokpri

Solusi yang kami dapat lakukan adalah membangung akses internet melalui perangkat Modem berbasis LTE/4G, dengan biaya yang murah dan mudah dalam pemasangannya, hal ini agar Warga Masyarakat Desa Balekambang dapat menggunakan fasilitas askes ke internet dapat secara mudah digunakan. 

Solusi kedua yang dapat kami lakukan adalah memberikan sosialisasi penggunaan fasilitas internet agar dapat digunakan secara bijak dalam penggunaannya dan jangan disia-siakan, sehingga internet dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi Warga Masyarakat Desa Balekambang, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat. 

Penggunaan LTE/4G bisa menjadi tangangan kedepan bagi Warga masyarakat Desa Balekambang untuk pengembangannya. Untuk pengembangannya pemasangan perangkat LTE/4G dapat dikembangkan lagi untuk digunakan menjadi suatu jaringan yang besar lagi dengan menggunakan sebuah compute sebagati gateway dalam sebuah jaringan, memang kalau kepala Desa Balekambang ingin mengembangkannya dibutuhkan satu buah computer sebagai gateway untuk jaringan kecil seperti LAN. Ini juga dapat dikatakans sebagai tantangan kedepannya.

Dokpri

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Desa Balekambang, Kecamatan Jonggol, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 23 Oktober 2021, kegiatan pelaksanaan berbentuk penyuluhan tentang sosialisasi penggunaan dan manfaat dari fasilitas penggunaan Internet secara bijak. 

Sebelum kegiatan sosialisasi akan dilakukan pemasangan akses internet dengan menggunakan perangkat Model berbasis LET/4G dengan biaya yang murah dan cara pemasangannya juga cukup mudah dilakukan. 

Agar kegiatan inti dalam bentuk penyuluhan berupa sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan internet bagi Warga Masyarakat Desa Balekambang dapat menggunakan akses internet melalui tahap pemasangan akses baru dengan perangkat LTE/4G tesebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline