Lihat ke Halaman Asli

Berlibur Menuju KBB Menggunakan Transportasi Umum

Diperbarui: 2 Juni 2024   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Saat kita merencanakan perjalanan, pikiran kita tertuju ke tempat-tempat yang menyenangkan, pengalaman-pengalaman baru, dan kenangan yang akan kita buat. Namun, di balik kegembiraan itu, ada lebih dari sekadar rekreasi; ada keindahan yang tersembunyi dan makna yang dalam yang dapat kita temukan saat kita berlibur. Dalam artikel ini, mari kita mencari tahu bagaimana liburan bukan hanya tentang pergi, tetapi juga tentang pengalaman baru dan kenangan yang akan dibuat.

Bandung Barat, sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia, menawarkan beragam destinasi menarik untuk dikunjungi. Terkenal dengan pesonanya yang memikat, termasuk keindahan alam, keragaman budaya, dan kelezatan kuliner, Bandung Barat menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Ada berbagai cara untuk mencapai Kabupaten Bandung Barat dari Kota Bandung, dan salah satunya adalah menggunakan layanan transportasi umum seperti Trans Metro Parahyangan.

Trans Metro Pasundan (TMP) merupakan sistem transportasi bus cepat yang melayani wilayah metropolitan Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ini merupakan bagian dari inisiatif Program Teman Bus Buy-the-Service (BTS) yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan RI. Layanan ini resmi dioperasikan sejak tanggal 21 Desember 2021. Sistem TMP dijalankan oleh dua perusahaan, yakni Perum DAMRI, sebuah badan usaha milik negara, dan Big Bird, anak perusahaan dari Blue Bird Group.

Trans Metro Pasundan melayani daerah Bandung dan terhubung dengan terminal Leuwipanjang dan terminal Dago, meliputi area Padalarang, Baleendah, dan Jatinangor. Trans Metro Pasundan berperan penting dalam mobilitas masyarakat Bandung dengan total 85 unit armada. Setiap bus berukuran sedang dan dapat menampung 40 penumpang, dilengkapi dengan 20 kursi dan 3 area prioritas. Setiap bus dirawat dengan baik sehingga memberikan kenyamanan dengan kabin yang bersih dan wangi selama perjalanan.

Setiap orang yang naik Trans Metro Pasundan akan dikenai biaya sebesar Rp 4.900. Pembayaran hanya dapat dilakukan menggunakan kartu uang elektronik seperti E-Money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari Bank BNI, dan Flazz dari Bank BCA. Layanan ini tersedia dari jam 05.00 hingga 21.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Instagram @temanbusbandung terdapat 5 rute perjalanan dengan berbagai titik pemberhentian. Rute perjalanan menuju Kabupaten Bandung Barat yaitu Koridor 2 Kota Baru Parahyangan (Padalarang) - Alun-alun Kota Bandung. Rute ini melewati beberapa sekolah, serta fasilitas umum yang ada di antara kota bandung dan cimahi, untuk detail rute nya dapat di cek melalui aplikasi Mitra Darat. Selain melihat titik pemberhentian bus, anda dapat memantau live location dari setiap bus, sehingga dipastikan anda tidak akan tertinggal.

Sesampainya di pemberhentian bus TMP terakhir yaitu Ikea, banyak aktivitas serta destinasi wisata yang dapat anda lakukan. Hanya dengan beberapa langkah anda dapat mengunjungi satu - satunya store Ikea yang ada di Jawa Barat, banyak aktivitas yang dapat dilakukan, seperti berbelanja furniture terbaik, serta menikmati beberapa makanan khas swedia. Tidak jauh dari ikea, anda dapat mengunjungi salah satu water park terbesar di asia tenggara, tidak bukan tidak lain adalah wahoo waterland. Selain itu masih banyak destinasi wisata yang dapat anda kunjungi, di antara lain puspa iptek, situ ciburuy, bumi hejo dan masih banyak lainnya. Bagi anda para wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan menuju jakarta, tidak perlu khawatir, dikarenakan hanya berjarak 5,7 km dari ikea kota baru parahyangan, anda dapat menuju stasiun pemberangkatan kereta api cepat whoosh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline