Lihat ke Halaman Asli

Muhammad AkmalTaqi

Mahasiswa UIN Walisongo Semaraang

Opini mengenai Strategi Pemasaran PAN dalam Pemilu 2024

Diperbarui: 28 Maret 2024   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.suara.com/tag/jingle-pan

Strategi pemasaran politik Partai Amanat Nasional (PAN) telah menjadi sorotan dalam ranah politik terutama karena keberhasilannya dalam menarik perhatian masyarakat melalui pendekatan yang efektif. Dalam perjalanan menuju Pemilu 2024 PAN menerapkan strategi yang sangat menarik terutama dalam upaya mereka untuk meraih dukungan dari masyarakat. Salah satu aspek utama dari strategi pemasaran politik PAN adalah penggunaan jingle yang catchy dan mudah diingat. Jingle-jingle ini menjadi bagian dari kesan yang melekat dalam benak masyarakat. 

Tidak hanya itu PAN juga sangat cerdik dalam menjangkau generasi muda terutama milenial dan Generasi Z. Dalam dunia politik yang semakin didominasi oleh pemilih-pemilih muda inisiatif ini terbukti sangat efektif. Tim pemasaran politik PAN secara konsisten menciptakan citra positif tentang partai mereka. Mereka menghadirkan artis-artis populer dalam kampanye-kampanye mereka guna menarik perhatian dan minat dari segmen muda masyarakat. Selain kehadiran dalam dunia hiburan, PAN juga menguasai peran media sosial dengan sangat baik. Dalam era di mana informasi sangat cepat menyebar melalui platform-platform online, PAN mampu memanfaatkan media sosial untuk mencapai audiens yang lebih luas. 

Dengan konten-konten yang menarik, informatif, dan relevan, mereka berhasil membangun citra partai yang modern dan relevan di mata masyarakat. Pesan utama yang dibangun oleh PAN melalui strategi pemasaran politik mereka adalah menciptakan citra sebagai partai yang modern, relevan, dan menjadi harapan bagi masyarakat. Dengan fokus pada isu-isu aktual yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. PAN berhasil membangun identitas yang menarik dan menyenangkan bagi pemilih, terutama generasi muda. Kehadiran mereka yang kuat dalam berbagai platform, dari jingle di radio, partisipasi artis, hingga ke media sosial, menjadi salah satu kekuatan utama dalam kampanye politik mereka. Meskipun demikian, saat melihat hasil Pemilu 2024. PAN masih berada di peringkat ke-8 dari 18 partai dengan perolehan suara sebanyak 10.984.003 (7,24 persen). Angka ini menunjukkan stabilitas dukungan bagi PAN namun juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh partai ini dalam bersaing dengan partai-partai besar lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline