Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI di Desa Cipageran Cimahi

Diperbarui: 27 Agustus 2022   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Desa Tanpa Kemiskinan

Pendidikan merupakan sistem dan tata cara meningkatkan kualitas hidup seseorang pada semua aspek kehidupannya di dunia. Pendidikan memiliki nilai yang sangat strategis dan urgen dalam pembentukan suatu bangsa. 

Pendidikan juga berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa. Sebab lewat pendidikan tidak hanya berfungsi untuk how to know dan how to do, serta how to life together, tetapi yang amat penting adalah how to be, supaya how to be berwujud, maka diperlukan transfer budaya dan kultur. Pendidikan pada dasarnya merupakan sarana strategis untuk meningkatkan potensi bangsa agar mampu berkiprah dalam tataran yang lebih global. 

Menurut Hanson dan Brembeck dalam Hadiyanto menyebutkan bahwa pendidikan itu sebagai investment in people , untuk mengembangkan individu dan masyarakat, dan sisi lain pendidikan merupakan sumber untuk pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu kami melakukan program KKN di desa cipageran yang pertama kami lakukan adalah mengedukasi masyarakat cipageran tentang pendidikan memang sangat penting sekali untuk kehidupan karena Pendidikan berfungsi untuk membentuk diri yang baik dari kemampuan, keahlian, etika, dan akhlak untuk menjadikan pribadi yang lebih baik. 

Pendidikan menjadi sarana untuk membekali diri dalam menghadapi dunia bermasyarakat karena dunia bukan hanya tentang pengetahuan melainkan meliputi dari sosial, etika, maupun adab. Setelah masyarakat bisa berpendidikan secara merata setelah pendidikan sudah merata di desa cipageran kami meyakini bahwa akan mempengaruhi kualitas masyarakat di cipageran dan berdampak juga terhadap majunya ekonomi di desa cipageran. 

Setelah kami melakukan sosialisai tentang pendidikan, kami juga melakukan survey dan mendata warga yang kurang mampu, setelah kami mendata yang kurang mampu kami juga melakukan edukasi bagaimana cara meningkatkan kualitas hidup lewat berbisnis agar masyarakat cipageran terhindar dari kemiskinan. Kemudian setelah sosialisasi tentang bisnis kami juga melakukan survey sumber air di desa cipageran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline