Lihat ke Halaman Asli

Psikolog Bab 8

Diperbarui: 25 November 2016   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

1. pengamatan anak

Dalam perkembangan jiwani anak,pengamatan anak menduduki tempat yang paling tinggi.  Pengamatan anak selama periode sekolah rendahitu berlangsung sebagai berikut :

Dimulaidari pengamatan kompleks-totalitas, menuju pada bagian-bagian.

Berangkatdari sikap pasif menrima, menuju pada sikap pahaman : aktif, mendekati danmencoba mengerti. 

Daridunia fantasi menuju ke dunia realitas.

2. Fikiran,ingatan dan fantasi anak

Ingatananakpadausia7-12tahuninimencapaiintensitaspaling besar,danpaling kuat.dayamenghafaldandayamemorisasi(=dengansengajamemasukandanmelengkatkanpengetahuandalamingatanan)adalahpaling kuat.dananakmampumemuatjumlahmateriingatanpalingbanyak.

Kehidupanfantasimengalamiperubahanpenting.padausia8-9 tahunanakmenyukaicerita-ceritadongengmisalnyatimunemas,bawangputihbawangmerah,malinkundang,bandungbondowoso,larajonggrang,danlain-lainnya.unsur-unsuryang hebatdanajaibdalamdongeng-dongenginimencengkaaapsegenapmmiinatanak.

3, Kehiduanperasaan anak.rasa takut

Pada umumnya anak itu lebihemosional dari pada orang dewasa.pada usia sekolah dasar ini  anak cepat merasa puas.sifatnya optimis dankurang dirisaukan oleh rasa-rasa penyesalan.kepedihan,kesengsaraan dankegembiraan orang lain kurang difahami atau dihayati ole anak.namun kalau iaikut merasakannya,maka perasaan tersebut tidak ditampakkannya. Ia merasasegan  takut dan malu memaparkanperasaannya 

Rasa takut dan cemas ini bukanlahgejala abnormal pada diri anak.sebab anak secara instinktif memang merasa takutpada hal-hal yang belum dikenalinya. Rasa takut dan cemas di sebabkan olehhal-hal berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline