1. pengamatan anak
Dalam perkembangan jiwani anak,pengamatan anak menduduki tempat yang paling tinggi. Pengamatan anak selama periode sekolah rendahitu berlangsung sebagai berikut :
•Dimulaidari pengamatan kompleks-totalitas, menuju pada bagian-bagian.
•Berangkatdari sikap pasif menrima, menuju pada sikap pahaman : aktif, mendekati danmencoba mengerti.
•Daridunia fantasi menuju ke dunia realitas.
2. Fikiran,ingatan dan fantasi anak
Ingatananakpadausia7-12tahuninimencapaiintensitaspaling besar,danpaling kuat.dayamenghafaldandayamemorisasi(=dengansengajamemasukandanmelengkatkanpengetahuandalamingatanan)adalahpaling kuat.dananakmampumemuatjumlahmateriingatanpalingbanyak.
Kehidupanfantasimengalamiperubahanpenting.padausia8-9 tahunanakmenyukaicerita-ceritadongengmisalnyatimunemas,bawangputihbawangmerah,malinkundang,bandungbondowoso,larajonggrang,danlain-lainnya.unsur-unsuryang hebatdanajaibdalamdongeng-dongenginimencengkaaapsegenapmmiinatanak.
3, Kehiduanperasaan anak.rasa takut
Pada umumnya anak itu lebihemosional dari pada orang dewasa.pada usia sekolah dasar ini anak cepat merasa puas.sifatnya optimis dankurang dirisaukan oleh rasa-rasa penyesalan.kepedihan,kesengsaraan dankegembiraan orang lain kurang difahami atau dihayati ole anak.namun kalau iaikut merasakannya,maka perasaan tersebut tidak ditampakkannya. Ia merasasegan takut dan malu memaparkanperasaannya
Rasa takut dan cemas ini bukanlahgejala abnormal pada diri anak.sebab anak secara instinktif memang merasa takutpada hal-hal yang belum dikenalinya. Rasa takut dan cemas di sebabkan olehhal-hal berikut :