Lihat ke Halaman Asli

Bab 8 Psikolog

Diperbarui: 24 November 2016   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

1. Pengamatan anak

  Dalamperkembangan jiwani anak, pengamatan anak menduduki tempat yang palingtinggi.  Pengamatan anak selama periodesekolah rendah itu berlangsung sebagai berikut :

Dimulaidari pengamatan kompleks-totalitas, menuju pada bagian-bagian.

Berangkatdari sikap pasif menrima, menuju pada sikap pahaman : aktif, mendekati danmencoba mengerti. 

Daridunia fantasi menuju ke dunia realitas.

ex : 

  Anak sekolah dasar mulai memandang semua peristiwa dengan obyektif. semua kejadianingin diselidiki dengan tekun dan penuh minat. pada usia sekolah ini anakmempunyai kecenderungan untuk mengumpulkan macam-macan benda: antara lain;perangko, cincin, etiket, kartu-kartu, batu-batuan, manik-manik berwarna-warni,karang dan siput, serangga, uang, logam, kartopus bergambar dan lain-lain.

2. Fikiran,ingatandan fantasi anak

Ingatan anak pada usia7-12 tahun ini mencapai intensitas paling besar, dan paling kuat. daya menghafal dan daya memorisasi (=dengan sengaja memasukan dan melengkatkan pengetahuan dalam ingatanan ) adalah paling kuat. dan anak mampu memuat jumlah materi ingatan paling banyak.

Kehidupan fantasi mengalami perubahan penting. pada usia 8-9 tahun anak menyukai cerita-cerita dongeng misalnya timun emas, bawang putih bawang merah, malin kundang, bandung bondowoso, lara jonggrang, dan lain-lainnya. unsur-unsur yang hebat dan ajaib dalam dongeng-dongeng ini mencengkap segenap minat anak.

lambatlaut,unsurkritikmulaimuncul,dananakmulaimengkoreksipristiwayang dihayati.namununsurfantasimasihtetapmemegangperananpenting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline