Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Fisik dan Motorik Usia Dini 3-6 Tahun

Diperbarui: 24 November 2016   00:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

- PENGERTIANPERKEMBANGAN
´Perkembangan adalah suatuproses yang mengacu pada bertambahnya kompleksitas-perubahan dari sesuatu yagsederhana menjadi sesuatu yang lebih rumit dan rinci. Di dalam proses inimeliput kemajuan yang tera tur sepanjang rangkaian yang berurutan atau jalur.Sedikit demi sedikit, pengetahuan, dan keterampilan menjadi semakin baik danberkembang

- Fase Prasekolah(Usia Taman Kanak-kanak)
´Anak usiaprasekolah merupakan fase perkembangan individu sekitar 2-6 tahun, ketika anakmulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapatmengatur diri dalam buang air (toilet training), dan mengenal beberapa hal yangdianggap berbahaya (mencelakakan dirinya).
´´Anak usia3 tahun cenderunguntuk tenang, santai dan bisa bekerja sama. Konflik dengan orang dewasa,yang berakar dari perjuangan anak ketika usia dua tahun untuk mandiri, lebihjarang dan tidak terlalu besar. Bahkan, anak usia tiga tahun biasanya maumematuhi perintah orang dewasa. Mereka mampu menunda kegembiraan mereka; kebutuhan untukmendapatkan apa yang mereka inginkan “sekarang juga” sudah berkurang (Killen& Smetana, 1999)

´Anak usia empat tahun energinya melimpah, gagasan yang meluap-meluap,obrolan aktivitas yang tidak ada lelahnya. Kesemuaan ini adalah ciri-ciri anakusia empat tahun pada umumnya. Pertengkaran yang disebabkan oleh sifat keraskepala dan perbedaan pendapat antara anak dan orng dewasa sering terjadi. Anaksering menguji batasan, penuh percaya diri dan menegaskan kebutuhan yangsemakin besar untuk mandiri.
´Anak usialima tahun berada dalampengendalian yang baik terhadap dirinya secara fisik dan emosi, sebagian besaranak usia lima tahun berada dalam fase yang cukup tenang dan semakin tinggi rasa percayadirinya dan rasa untuk mngendalikan dirinya. Dunia mereka berkembang diluar rumah,keluarga, sekolah, atau tempat penitipan anak. Persahabatan dan kegiatanberkelompok adalah dua hal yang sangat penting (Canella, 1993; Selman &Selman, 1979).
´
´Petualangan yang menarik mulai terbuka pada anak usia enam tahun karena kemampuan koordinasinya semakin baik sertaukuran tubuh dan kekuatannya meningkat. Anak usia enam tahun biasanya sulit membuat keputusan dan kadangterbebani oleh situasi asing. Sementara itu perubahan kemampuan kognitifnya memampukan merekauntuk melihat peraturan sebagai sesuatu yang berguna untuk memahami kejadian sehari-haridan perilaku orang lain.
´
- Perkembangan Fisik

prinsip-prinsip perkembangan fisik anak usia diniadalah:

´MelibatkanPerubahan 

´Perkembanganawal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya

´Perkembanganadalah hasil dari kematangan dan belajar

- Perkembangan motorik
´Perkembangan Motorik Kasar
´Perkembangan Motorik Halus 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline