Lihat ke Halaman Asli

Karang Taruna Kecamatan Panceng Sebagai Wadah Pemberdayaan Pemuda Desa

Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pelantikan  Karang Taruna Kecamatan Panceng

By Muchammad Akmal Al Khasyi' (Humas dan Kesejahteraan Sosial Karang Taruna Kecamatan Panceng)


Peran pemuda desa dalam ikut serta mengawal program pembangunan daerah tidak bisa diragukan, di Kecamatan Panceng sendiri organisasi kepemudaan Karang Taruna Kecamatan baru mulai bangkait pada pertengahan tahun 2022, sekitar bulan maret pembentukan kepengurusan Karang Taruna yang baru dengan diisi putra-putri perwakilan pemuda dari setiap desa yang ada di Kecamatan Panceng.

Karang Taruna Kecamatan Panceng di lantik dan dikukuhkan pada bulan Juli tahun 2022 oleh bapak Camat Panceng M Nasih, dan disaksikan secara langsung oleh bapak Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E. M.MB. Lokasi pelantikan berada di pendopo taman Doudo eduwisata, bukan tanpa alasan, di pilihnya lokasi Doudo eduwisata juga sebagai upaya Karang Taruna Kecamatan Panceng mendukung promosi tempat wisata dan pemberdayaan UMKM lokal.

Bahkan sebelum dilantik, Karang Taruna Kecamatan Panceng sudah menujukan progres positifnya, banyak gebrakan dan inovasi program kerja yang diciptakan, di antaranya adalah kegiatan distribusi tanaman yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, kemudian santunan anak yatim yang bekerja sama dengan Baznas Kab. Gresik, ada juga baksos bersih pantai.

Setelah dilantik, Karang Taruna Kecamatan Panceng membuat program inovasi yang berfokus pada pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Panceng, yang diberi nama Joyfull Learning Karang Taruna Panceng Mengajar, program ini diselenggarakan di SD Negeri 313 Dusun Larangan Desa Dalegan, sebagai bentuk konstribusi dan peran kepemudaan dalam dunia pendidikan, Karang Taruna Kecamatan Panceng juga menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik dengan membawa perpustakaan berjalanya.

Tidak hanya berfokus pada bidang pendidikan, Karang Taruna Kecamatan Panceng juga medukung pengembangan UMKM lokal dengan membuat Program Klinik UMKM, program Klinik UMKM yang digagas oleh Karang Taruna Kecamatan Panceng yaitu membantu pelaku UMKM lokal mendaftarkan produk unggulanya pada NIB (Nomor Induk Berusaha), Karang Taruna Kecamatan Panceng juga mengadakan pelatihan usaha untuk masyarakat, di antaranya adalah pelatihan dan pengenalan batik khas Panceng, SHORECRAFT (Shoberoh Ekonomi Kreatif) yaitu kerajinan tangan khas Dusun Shoberoh Dalegan yang bahan bakunya adalah daun pohon lontar.

Kelanjutan ada di part berikutnya..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline