Lihat ke Halaman Asli

Akmaludin

Mahasiswa

Peran Guru dalam Inovasi Pembelajaran di Era Perkembangan Teknologi

Diperbarui: 16 Desember 2022   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia menuju masyarakat 5.0 artinya masyarakat super pintar yang memanfaatkan berbagai inovasi yang berpusat pada teknologi.

Dengan teknologi yang canggih di dukung dengan adanya internet memungkinkan kita untuk bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan lingkup yang sangat luas misalnya, dengan fasilitas email, youtube, e-library, e-book, zoom dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa teknologi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia khususnya dalam hal informasi, kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus  bertatap muka langsung dengan sumber informasinya tersebut.

Pesatnya perkembangan teknologi ini menjadikan guru harus menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global dan juga menguasai perkembangan teknologi yang ada dan ini merupakan hal yang penting untuk kemajuan negaranya itu sendiri.
 Manfaat perkembangan teknologi ini terhadap pendidikan memberikan kemudahan dalam bidang pendidikan terutama sebagai salah satu sumber pengetahuan dan referensi dalam belajar. Oleh sebab itu guru tidak boleh hanya terpaku pada pembelajaran diskusi dan tatap muka saja, guru harus menyesuaikan dengan zaman dimana setiap pembelajaran harus menggunakan media yang memudahkan untuk menyampaikan uraian materi pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk mengembangkan dan melaksanakan inovasi pembelajaran, Guru perlu menggunakan metode mengajar yang tepat dan efektif serta mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada dalam peroses pembelajaran yang mana hal itu bertujuan agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Guru juga harus senantiasa memperbarui metode mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini seperti Pemanfaatan sarana multimedia dalam kegiatan pembelajaran misalnya penggunaan flash, adanya penjelasan melalui media suara/audio dan penambahan fitur-fitur yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dari siswa dan lain sebagainya. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran menjadi tidak membosankan dan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline