Di awal masuk sekolah pasca libur Ramadhan, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kembali keberlangsungan pembelajaran dan kesejahteraan siswa. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru di masa-masa tersebut.
Pertama, rencanakan kembali kurikulum dan materi pembelajaran. Pasca libur Ramadhan, siswa mungkin perlu waktu untuk kembali beradaptasi dengan pola belajar yang normal setelah berpuasa dan menjalani rutinitas ibadah yang berbeda selama bulan suci tersebut.
Oleh karena itu, guru harus menyesuaikan rencana pembelajaran agar dapat membantu siswa untuk kembali fokus pada pelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Kedua, perhatikan aspek kesejahteraan mental dan emosional siswa. Libur panjang, seperti libur Ramadhan, bisa memberikan dampak psikologis yang berbeda bagi setiap siswa.
Guru perlu menciptakan lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk berbagi pengalaman mereka selama libur, serta memberikan dukungan dan pemahaman yang diperlukan jika ada siswa yang menghadapi kesulitan dalam kembali ke rutinitas sekolah.
Ketiga, berikan perhatian khusus pada kesehatan dan kebersihan siswa. Pasca libur Ramadhan, kebersihan pribadi dan lingkungan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
Guru dapat memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memastikan bahwa fasilitas sekolah seperti toilet dan kantin tetap dalam kondisi bersih dan sehat.
Keempat, guru perlu memperbarui komunikasi dengan orang tua siswa. Setelah libur Ramadhan, menjadi penting bagi guru untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa untuk memberikan informasi terkait perkembangan siswa selama libur, serta merencanakan tindak lanjut yang diperlukan untuk membantu siswa dalam mengejar kembali materi yang mungkin terlewatkan selama libur.
Kelima, Guru dapat memanfaatkan awal masuk sekolah pasca libur Ramadhan untuk melakukan evaluasi terhadap metode pembelajaran yang telah dilakukan sebelum libur.
Dengan memperhatikan feedback dari siswa dan hasil evaluasi kinerja, guru dapat melakukan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa yang akan datang.