Lihat ke Halaman Asli

Kunci Kombinasi

Diperbarui: 23 Januari 2023   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Alat alat di dunia otomotif sangatlah banyak. Salah satunya Kunci kombinasi. Kunci kombinasi biasanya digunakan untuk membuka baut dan mengendorkan baut. Kunci Kombinasi selalu di gunakan di otomotif karena sudah keseharian untuk melepaskan baut.

Kunci Kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas an kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama.Kunci ini sangat berguna saat menyetel dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda.         

Kunci kombinasi sangat banyak di jumpai di bengkel bengkel resmi maupun tidak resmi (umum). Kunci kombinasi sering digunakan karena bisa memenuhi dua kebutuhan sekaligus, sehingga dapat mengisi kekurangan jika ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh salah satu alat. kunci kombinasi juga memiliki berbagai ukuran. 

Untuk ukuran kunci kombinasi umumnya dari ukuran 6 mm sampai 32 mm. Pada setiap ujung kunci pas dan ring kunci dibuat tidak lurus, melainkan sedikit bengkok dengan offset sekitar 15 derajat terhadap tangkainya.

Dalam kunci ini bisa di temukan 2 tipe dalam 1 tangkai kunci pas dan kunci ring.Kunci kombinasi juga sangat banyak di gunakan mekanik di karena simple cuma membawa 1 tangkai saja bisa menjadi 2 kegunaan yang berbeda.Biasanya kunci kombinasi ring di gunakan untuk jarak yang susah di jangkau.Momen pengencangan Kunci kombinasi tidak terlalu kencang karena di buat standar saja.

Cara merawat kunci kombinasi juga cukup mudah.Jika setelah kotor tinggal di bersihkan saja atau di lap saja.Simpan ditempat yang tepat. Masalah yang timbul selain kunci-kunci rusak juga dikarenakan kunci sering hilang entah dimana atau sering lupa meletakkannya. 

Untuk itu disarankan apabila sudah tidak digunakan dapat disimpan di tempatnya semula agar saat mencari kembali mudah di temukan.Hindari menyimpan Kunci Kombinasi di tempat yang basah atau lembab karena dapat merusak kunci Kombinasi.Terkadang bengkel itu terlalu kreatif sehingga menggunakan kunci Kombinasi untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya bukan keahliannya seperti untuk mencongkel ataupun memukul,Dapat mengakibatkan kerusakan pada Kunci kombinasi.

Dengan kunci Kombinasi masalah pengencangan dan melepas baut jadi lebih mudah.Gunakan kunci Kombinasi sesuai fungsinya agar tidak cepat rusak dan awet. Jadi hindari penyiksaan kunci Kombinasi agar pekerjaan menjadi lebih ringan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline