Lihat ke Halaman Asli

Antara Agensi Musik K-pop SM Entertainment dan Politik Pemerintah di Korea Selatan

Diperbarui: 9 Juli 2023   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siwon Choi and Jaemin Na join a cast of stars to celebrate World Children's Day across the world (unicef.org) 

Di era saat ini politik melihat dominasi generasi z para anak muda memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap perkembangan mulai dari perkembangan teknologi, ekonomi dan budaya. Di industri hiburan sendiri juga sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat akibat dominasi generasi z yang cukup berkontribusi, terlebih lagi bagi dunia musik hiburan korea selatan atau yang biasa kita kenal dengan kpop. 

Kpop saat ini menjadi pusat dan acuan bagi industri musik, bukan hanya di korea selatan saja bahkan seluruh dunia secara global termasuk Indonesia. Meilhat pengaruh kpop terhadap dunia cukup besar, pemerintah korea juga turut mengambil kesempatan dalam dunia politik. Karena saat ini, kpop bukan hanya menjadi suatu fenomena budaya tetapi juga memiliki pengaruh besar dalam ranah politik pemerintah Korea Selatan.

SM Entertainment salah satu perusahaan agensi diindustri musik Korea Selatan cukup lama berkontribusi untuk hal-hal yang menyangkut diplomasi negara. Sebagai salah satu perusahaan musik terbesar secara global, SM Entertainment memiliki sederet artis/idol ternama yang memiliki popularitas tinggi dengan komunitas penggemar yang sangat besar. 

Pemerintah Korea Selatan melihat peluang yang ada untuk memasukkan para idol dari agensi tersebut untuk mengikuti deretan acara kenegaraan seperti, event sosial, kampanye dsb. EXO boyband yang menjadi idola sejuta umat ini diundang istana kepresidenan Korea Selatan Blue House dalam untuk bertemu presiden Donald Trump saat kunjungannya ke negara tersebut.

EXO Diundang ke Blue House Ketemu Presiden AS Donald Trump dan Beri Hadiah Ini (wowkeren.com) 

Selain itu SM Entertainment juga aktif dalam kegiatan sosial seperti event-event yang diadakan UNICEF, seperti kampanye "SMile for U" dan "Growing with Music" yang aktif bergerak dalam kegiatan sosial seperti kampanye donasi. Dilansir dari halaman website resmi UNICEF yang menyatakan bahwa SM Entertainment dan pemerintah Korea Selatan telah tujuh tahun berkontribusi dalam kampanye ini, itu berarti SM Entertainment dan pemerintah serta UNICEF telah bekerja sama dengan waktu yang cukup lama dari waktu awal negosiasi dari ketiga pihak memutuskan untuk bekerjasama.

SM Entertainment 

Dari berbagai kegiatan dan program yang telah dikerjakan ini semua menandakan potensi lobi dan negosiasi pemerintah Korea terhadap SM Entertainment berhasil dan sukses dalam mencapai tujuannya melalui program-program yang diadakan. Dari sisi politik pemerintah sendiri banyak keuntungan yang didapat mulai dari majunya sektor budaya, pariwisata sampai sektor perekonomian yang pasti memiliki kemajuan yang signifikan. 

Melihat banyaknya komunitas penggemar diseluruh dunia secara global, serta era digital dengan adanya media sosial yang mencakup jangkauan luas yang mudah tak dapat dipungkiri bahwa pemerintah memiliki audiens yang akan tertarik pada topik ini dengan jumlah yang cukup besar. Hal seperti ini juga akan sangat mendukung konser, festival musik dan acara-acara yang akan diselenggarakan SM Entertainment, serta akan sangat membantu menjaga bahkan menaikkan citra dan reputasi sampai popularitas dari agensi SM Entertainment itu sendiri.

Korean SM Entertainment renews its partnership with UNICEF to promote music education in Viet Nam 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline