Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Zailani

jurnalis/penulis

Meneropong Dukungan Artis Terhadap Capres ; Slank Lebih Berkualitas

Diperbarui: 20 Juni 2015   05:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14019345831756028196

Meneropong Dukungan Artis Terhadap Capres ; SlankLebih Berkualitas



ADA banyak deretan artis, termasuk penyanyi,pelawakdan seniman lainnya yang terlibat dukung mendukung di Pemilihan Presiden (Pilpres).Pekerja entertaimentseakan digalang dan digiring atau tergiring untuk mendukung pasangan Capres Prabowo dan Capres Prabowo.Masyarakat menonton melalui televisi,para artis ini bisa menjadi magnet bagi penggemar mereka. Para penghibur itu diharapkan akan menjadi penarik suara masyarakat agar bisa mendukung capres mereka.Sebagai publik figur ini bahkan ada yang diajak kampanye dan ada juga yang dijadikan juru kampanye.

Bisa kita lihat di TV (dan baca) deretan para artis itu, yang mendukung pasangan Capres Prabowo dan Cawapres Hatta Rajasa di antaranya ;

1.Dimulai Rhoma Irama,Capres gagal,

2.lalu Ahmad Dani, penyanyi

3.Anang Hermansyah yang juga Caleg DPR RI terpilih dari PAN,

4.Jaja Miharja, penyanyi

5.personil band Radja,

6. Anang Hermansyah, musisi

7.Raffi Ahmad, aktor/presenter

8. Rachel Maryam, penyanyi

9.Luna Maya, aktris/model

10.Mulan Jameela, penyanyi (istri Ahmad Dani)

11.Ashanty, penyanyi (istri Anang Hermansyah)

12.Ananda Mikola, pembalap

13.Pasha Ungu, penyanyi

14.Dwiki Darmawan, musisi

15.Andhika, penyanyi (eks Kangen Band)

16.Vonny Sumlang, penyanyi

17.Sandro Tobing, musisi

18.Ricky Likoer, penyanyi

19.Agus Wisman, penyanyi

20.Ismi Aziz, penyanyi

21.Yayuk Suseno, penyanyi/pemain film

22.Endang S Taurina, penyanyi

23.Mega Mustika, penyanyi

24.Komeng, pelawak

Artis pendukung Capres-Wapres Jokowi-Jusuf Kalla juga tak kalah banyak,sebutlah di antaranya;

1. Bim Bim, drummer Slank

2.     Kaka, vokalis Slank
3.     Abdee, gitaris Slank
4.     Ivanka, basis Slank
5.    Ridho, gitaris Slank
6.    Yuni Shara, penyanyi
7.    Kris Dayanti, penyanyi
8.    Roy Marten, aktor senior
9.    Gading Marten, aktor dan presenter
10.    Rieke Diah Pitaloka, aktris/politisi
11.    Edo Kondologit, penyanyi/politisi
12.    Dedi Gumelar/Mi'ing, pelawak/politisi
13.    Donna Agnesia, presenter
14.    Tina Toon, penyanyi
15.    Wanda Hamidah, presenter/politisi
16.    Melanie Ricardo, presenter
17.    Ari Wibowo, aktor
18.    Anwar Fuady, aktor senior
19.    Alice Norin, aktris dan penyanyi
20.    Aqi Alexa, penyanyi
21.    Adinda Thomas, aktris
22.    Richard Kevin, model dan aktor
23.    Nadia Aisyah, aktris
24.    Banyu Biru Djarot, aktor, putra politisi Eros Djarot
25.    Cella Kotak, gitaris band Kotak
26.    Richard Sambera, atlet renang
27.    Chris John, petinju
29.    Melly Manahutu, penyanyi
30.    Marah Laut C. Noor, putra alm sutradara Arifin C Noer
31.    Arzetti Bilbina, peragawati/politisi
32.    Krisna Mukti, aktor
33.    Iyeth Bustomi, penyanyi
34.    Tommy Kurniawan, aktor
35.    Gita KDI, penyanyi (JIBI)Wanda Hamidah

Masyarakat bisa melihat dan tentunya juga menilai, siapa dari nama-nama artis tersebut yang berkualitas dilihat dari kepedulianberbangsa dan bernegara.Atau lebih spesifik lagi yang konsen atau memiliki kepedulian terhadap pemberantasan korupsi.Kita lihat dari kubu Prabowo-Hatta,Rhoma Irama?Banyak masyarakat “mengolok-ngolok” pemain film “Satria Bergitar” ini saat “kebelet” menjadi Capres. Ada yang menyebut; bila bang Rhoma Irama menjadi Presiden nanti poligami “diundang-undangkan” atau dibolehkan, dan tentu saja para istri se Indonesia cemberut. Karena Rhoma Irama beberapa kali nikah. Atau,“rakyat Indonesia, boleh saja begadang asal ada perlunya ....” sesuai lagu.Sungguh terrrlaluu.Kenapa Rhoma Irama “lari” mendukung ke Prabowo tidak mendukung Jokowi,mengikuti partai yang didukungnya,yaitu PKB saat Pileg lalu, alasan utama yang ditonton masyarakat adalah karenaPKB tidak menjadikan Rhoma sebagai Capres.Rhoma yang sepertinya buta politik ini nampak “ngotot” pokoknya Capres tanpa melihat perolehan hasil suara PKB yang tak bisa mengusung Capres sendiri dan harus berkoalisi.

Kita tinggalkan Rhoma yang kecewa,artis lain yang kita lihat di daftar pendukung Prabowo-Hatta, lainnya ,Ahmad Dani dan Anang Hermansyah. Lebih dulu Anang, coba kita perhatikan selama ini, apa kepedulian Anang terhadap berbagai permasalahan bangsa saat ini. Kurang menonjol.Bahkan Caleg PAN yang akan mewakili rakyat ini nampak minim wawasan saat wawancara di layar kaca. Anang sepertinya lebih mengandalkan “modal di musik” saja untuk mewakili rakyat. Padahal banyak permasalahan di Indonesia ini, bukan hanya di seputar musik saja, seperti soal pembajakan hak cipta. Artis lain, Ahmad Dani juga sama saja. Jarang ter ekspos kegiatannya dalam ikut andil berperan dalam kepedulian “penyakit bangsa”. Artis lainnya?Dilihat dari daftar nama, tak ada lagi. Seperti Komeng (pelawak),Raffi Ahmad,Jaja Mihardja, Luna Maya atau Andhika Kangen Band dan yang lainnya,nampak tak ada yang berkualitas, dalam arti selain beraktifitas di dunia hiburan juga turut serta misalnya dalam gerakan anti Narkoba atau anti korupsi.Atau secara sederhana, bila kita dengar dari isi/materi lirik lagu ciptaan Anang, Ahmad Dani atau Band Radja “tak terdengar” kepedulian sosialnya.Yang banyak kita dengar lagu-lagu cinta melulu.

SLANK LEBIH PEDULI

Kini kita beralih ke artis yang mendukung pasangan Jokowi-JK.Dibarisan itu adalah group band “idealis”SLANK.Band Raja gak ada apa-apa dengan SLANK dalam hal kepedulian berbangsa dan bernegara. Lihat liriknya nampak lebih idealis, penuh kritik dan tak hanya sekedar cinta saja. SLANKsatu visi misi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kampanye Anti Korupsidilakukan KPK-SLANK.SLANK juga Anti Narkoba dan turut aktif melakukan gerakan anti Narkoba. Sebagai anak band yang pernah terjerumus dalam dunia hitam narkoba, Slank mencoba mengajak generasi muda dan para penonton yang hadir untuk menjauhi barang haram tersebut. Di bidang Anti Korupsi, personil SLANKdipilih KPK sebagai duta Anti Korupsi.Bahkan,SLANK bikin album Full Anti Korupsi. Di bidang kesehatan, SLANK juga jadi Duta Kesehatan, khususnya Kesehatan Telinga. Dari situ kita bisa melihat,untuk “bukan hibur menghibur” ini, SLANK lebih berkualitas dibandingkan deretan artis pendukung Prabowo-Hatta. Istilahnya SLANK Gak Ada Matinya, untuk kepedulian “membersihkan penyakit” di negera kita. SLANK juga menjadi Duta Kebersihan.

"Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia, ini saatnya dukung kebenaran. Ada Slanker (Jokowi disebut sebagai penggemar Slank) mau jadi presiden, kapan lagi," ujar Bimbim, drummer Slank, sarapan bareng di kediaman JK, Jalan Brawijaya No 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/6/2014).

"Demokrasi itu pilihan, kalau setuju ikuti (pilihan Slank)," sambungnya. Selain itu, berkait dengan revolusi mental yang diagendakan oleh Jokowi, Jokowi sepaham dengan Slank."Kami rencananya mau kumpulin orang, sama-sama untuk gerakan revolusi mental," kata Abdee, sang gitaris. "Sekarang kita mulai kehilangan arah, perlu revolusi mental," ujar Bimbim. "Revolusi mental bisa jalan asal pemimpin kasih contoh," sambung Abdee. "(Jokowi-JK) Tokoh yang dibutuhkan, itu yang kami lihat," tambah Bimbim. "Menurut saya, ini sama seperti revolusi 1945, mau merdeka apa enggak. Sekarang ini, kita mau berubah apa enggak," tekan Ivanka, si pemain bas. Namun, Slank berjanji, jika Jokowi-JK terpilih, grup yang bermarkas di Gang Potlot III, Kalibata, Jakarta Selatan itu akan mengawasi pemerintah yang dipimpin oleh pasangan itu."Slank selama ini selalu berpihak ke rakyat," kata Abdee. "Kami selalu menyempatkan diri agar Slank bisa lihat jelas dari luar. Seperti saat KPK diserang, kami bergerak," kata Abdee lagi.

Akhirnya, masyarakat bisa secara cerdas menilai dan menentukan pilihan. Bukan sekedar suka artis tertentu lantas mendukung Capres yang didukung artis tersebut. Lihat kualitas dan kepedulian artis yang terlibat dukung mendukung tersebut.Ini demi kepentingan bangsa.Masyarakat harus bisa melihat kepentingan yang lebih besar.Bila pun ingin mengetahui siapa Capres RI antara Prabowo dan Jokowi dari versi dukungan artis lihat kualitas artis pendukungnya, dan SLANK lebih benar dalam menentukan arah dukungan. *

[caption id="attachment_309775" align="alignnone" width="620" caption="Sumber : Tribun News"]

1401934645834215427

[/caption]

[caption id="attachment_309776" align="alignnone" width="578" caption="tribunews.com"]

1401934670192560037

[/caption]





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline