Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Yaslim

Jurnalis, Pengusaha, Desain Grafis

Sambut Hari Santri, Ansor Banser Sidayu Ziarah ke Makam KH. Faqih Maskumambang

Diperbarui: 23 Oktober 2021   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makam Syekh kh faqih Maskumbang ( wakil Rois Akbar NU) 

Memperingati hari santri nasional yang jatuh pada hari ini 22 Oktober, sejumlah pemuda yg tergabung dalam gerakan pemuda ansor serta barisan ansor serba guna (banser) kecamatan sidayu mengadakan  ziarah dan napak tilas perjuangan santri di makam Adipati Soerjadiningrat (Kanjeng Sepuh) dan makam KH. Faqih Maskumambang, pada Kamis (21/10/2021) sore.

Kegiatan tersebut diawali ziarah dan tabur bunga ke makam Adipati Soerjoadiningrat (Bupati ke VIII) yang berada dikomplek Masjid besar kanjeng sepuh.

Kemudian, dilanjutkan ziarah ke makam KH. Faqih Maskumambang di komplek makam umum kecamatan Dukun. Untuk menuju ke sana sahabat Ansor dan Banser melakukan pawai simpatik secara tertib dan santun di jalan.

Syaiful Anam, selaku ketua rijalul ansor kecamatan sidayu yang memimpin ziarah sore itu menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk berdoa dan meneladani perjuangan-perjuangan para muasis, syuhada', dan semua pejuang dalam mewujudkan negara Indonesia.

"Kirim doa dan tabur bunga merupakan rangkaian kegiatan sahabat-sahabat Ansor Banser Sidayu untuk memperingati hari santri nasional tahun ini", ucapnya.

Hamam Nasiruddin, ketua Ansor dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini selain bagian dari program kerja organisasi juga sebagai upaya agar generasi muda tidak melupakan sejarah perjuangan para ulama, santri, dan para syuhada' dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kami berharap generasi muda NU khususnya, mengetahui sejarah dan meneladani perjuangan beliau", imbuhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline