Lihat ke Halaman Asli

Penikmat Telur Mentah, Simak Fakta Kesehatan Sebelum Mengonsumsi

Diperbarui: 1 Februari 2023   18:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber :id.pngntree.com

Ketika anda menuju  ke tempat makan  atau warung kopi pasti terdapat beraneka menu makanan dan minuman yang mana didalam makanan tersebut terkandung atau terbuat dari telur mentah seperti minuman energen misalnya , sebagian kita mungkin menganggap makanan dan minuman yang mengandung telur dapat menambah tenaga.

Tetapi , ada juga yang mengatakan sebaliknya, bahkan  bisa menimbulkan berbagai penyakit yang timbul karena, terdalat bakteri salmonela. Kemudian , golongan mana yang sesuai ? Masih mentah ataupun sudah matang ?

Dikutip dari Meramuda mengatakan bahwa sesuai pandapat kesehatan , bahwa telur memang mempunyai kandungan protein dan memiliki  kandungan  gizi tinggi. Cara memperolehnya  mudah, termasuk mengubahnya menjadi berbagai produk makanan baik dalam negeri  maupun luar negeri.

Sebagian tim kesehatan memang menyarankan untuk memakan makanan tersebut karena mengandung  kekebalan tubuh  yang cukup signifikan  bahkan omega 3 yang dibutuhkan  oleh tubuh . Kemudian pertanyaanya apakah semua kandungan tersebut terdapat dalam telur mentah atau kah telur yang sudah matang .

Kelompok  Mentah atau Matang?

Kelompok  Telur Mentah, perhatikan pendapat tim kesehatan sebelum memakan .

Telur mentah yang direbus bersama mie mungkin hal ini banyak kita lakuakan, atau makanan lainnya. Berdasarkan penelitian sebetulnya , bahan  matang atau tidak kandungan gizinya sama.

Yang membedakan , ketika  di rebus  terdapat sebagian kandungannya yang tidak ada , misalnya vitamin A, B, fosfor, antioksidan, dan kalium. Tetapi hal tersebut minim karena  tidak mencapai 5%. Dengan demikian i apakah produk telur mentah menyehatkan?

Mirisnya , jawaban pertanyaan tersebut adalah tidak karena mengkonsumsinya dapat  menghambat penyerapan protein ke dalam tubuh. Bahkan, perbedaanya sangat signifikan ketika direbus diperkirakan mencapai sekitar  90% tetapi, kalau mentah berkisar 50% saja.

Hal ini bisa terjadi karena merebus , telur tersebut sebagaian akan kehilangan kandungan , tetapi telur akan mengalami perubahan sehingga, saat makan akan  lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline