Lihat ke Halaman Asli

AKHMADI

SMP Negeri 44 Jakarta

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 5

Diperbarui: 28 Juli 2024   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Refleksi saya mengenai kegiatan-kegiatan pendidikan Guru Penggerak yang sudah saya lalui, khususnya pada Modul 2.1 tentang Budaya Positif. Kegiatan pembelajaran modul 2.1 telah selesai saya ikuti, ada banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan pendidikan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).

1. Fact (Peristiwa)

Pada modul ini, saya mempelajari berbagai strategi dan pendekatan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Saya menerapkan beberapa metode diferensiasi seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Saya juga mengadakan asesmen awal untuk memahami kebutuhan dan gaya belajar setiap murid.

Berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas guna memenuhi kebutuhan belajar individu. Berikut adalah beberapa poin utama yang tercakup dalam modul ini, Pembelajaran Berdiferensiasi: Menyesuaikan proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan setiap murid.

Profil Belajar: Pendekatan yang disukai murid untuk belajar yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, dan jenis kelamin.

Lingkungan Belajar: Lingkungan yang mempengaruhi proses belajar mengajar.

Minat: Kondisi mental yang menghasilkan respons terarah pada situasi atau objek tertentu yang menyenangkan.

2. Feeling (Perasaan)

Saat menerapkan berbagai strategi ini, saya merasa antusias dan optimis. Namun, ada juga sedikit rasa khawatir tentang efektivitas pendekatan ini terhadap semua murid. Saya merasa tertantang untuk menemukan cara yang tepat agar setiap murid dapat terlibat dan mendapatkan manfaat dari pembelajaran.

3. Findings (Pembelajaran)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline