Lihat ke Halaman Asli

Wow, Hebohnya Pameran Karya Anak Bangsa di Ancol

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kontroversi mobil nasional seharusnya tidak hanya menjadi sekedar wacana. Setelah wacana itu mencuat, banyak liputan media tentang karya anak bangsa dari SMK. Ada yang bikin mobil dengan berbagai model, sepeda motor hingga pesawat terbang. Masih banyak sebenarnya karya para pemuda Indonesia yang bisa dibanggakan seperti robot, mesin,  software, animasi dan sebagainya. Ini bisa menjadi momentum kebangkitan bangsa di bidang industri.

Hasil karya tersebut tidak semuanya terekspos dan diketahui oleh masyarakat luas. Bahkan seringkali kurang dimanfaatkan dan dihargai oleh pemerintah dan swasta. Sebagian karya tersebut hanya akan tertumpuk di gudang dan menjadi rongsokan. Sayang sekali kan. Untuk itu, perlu ada kegiatan atau event untuk memamerkan karya anak bangsa. Sekaligus mempertemukan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, swasta dan masyarakat.

Ancol, selain sebagai tempat wisata, adalah tempat pertemuan yang cocok untuk berbagai kalangan dan kepentingan. Fasilitas, sarana dan prasarana yang sangat memadai bisa dimanfaatkan untuk mengadakan event dengan melibatkan banyak peserta dan pengunjung. Ruang terbuka dengan pemandangan yang mempesona bisa menjadi tempat pameran karya anak bangsa.

Pameran ini adalah kolaborasi kegiatan yang dilakukan dengan kerjasama antara Ancol dengan pemerintah dan pihak swasta lainnya sebagai sponsor. Kegiatan ini juga didukung oleh media massa cetak, elektronik dan on line yang mempublikasikan acara ini. Diharapkan acara ini bisa jadi event tingkat nasional bahkan regional.

Karya anak bangsa yang dipamerkan ditampilkan sesuai dengan kategorinya. Ada kategori otomotif, mesin teknologi tepat guna, robot, software, dan sebagainya. Di acara ini pengunjung juga bisa mencoba menggunakan produk yang dipamerkan. Mungkin mobil nasional buatan siswa SMK bisa ditest drive oleh para pengunjung yang penasaran dengan kualitasnya.

Peserta pameran dari sekolah, kampus, komunitas atau kelompok masyarakat lainnya tidak perlu dikenakan biaya sewa stand. Bahkan jika mungkin mereka disubsidi untuk biaya transportasi dan akomodasi terutama untuk peserta dari daerah. Hal ini dilakukan agar banyak peserta dari daerah bisa ikut serta berpartisipasi sehingga karyanya bisa dikenal dunia.

Event ini bisa dijadikan agenda tahunan. Pada event ini juga akan dipilih karya terbaik untuk masing-masing kategori dan mendapatkan hadiah dari panitia. Kesempatan untuk kerjasama dengan swasta nasional maupun internasional pun terbuka luas. Jadi karya mereka bisa diproduksi massal dan dijual bebas.

Komitmen pemerintah untuk mencintai produk hasil karya bangsa sendiri bisa dimulai dari sini. Pameran ini bisa menjadi sarana untuk menunjukkan kepada dunia, kalau kita juga bisa. Ayo, Indonesia Bisa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline