Lihat ke Halaman Asli

Faisol

TERVERIFIKASI

Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Baju Adat Sakera dan Peci Hitam Tinggi Menjulang sebagai Ciri Khas Warga Madura

Diperbarui: 18 Agustus 2023   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga dari pulau Madura yang ikut dalam prosesi penurunan Bendera merah putih di Istana Negara, Sumber : suara.com

"Salah satu baju adat yang masuk nominasi terbaik pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun di halaman istana Negara, salah satunya Baju adat dan Peci hitam yang tinggi menjulang yang di pakai oleh Peserta bernama Ricky itu mencuri perhatian dan senyuman dari presiden Jokowi"

Kaos merah putih, dan baju hitam yang terbuka tanpa penutup atau di kancing, merupakan baju kebanggaan warga Pulau garam.

Pulau garam itu tidak lain adalah Madura, dimana pulau yang satu ini terdiri dari empat Kabupaten, yakni kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Dari empat kabupaten semuanya masuk wilayah Jawa Timur, yang memiliki adat dan budaya santri, serta memiliki bahasa daerah yang sudah tidak asing lagi, sebab warga Madura sudah bertebaran dari Sabang sampai Merauke.

Bahasa Madura mungkin saja menjadi bahasa pemersatu bagi warga Madura karena memiliki ciri khas tersendiri, yang merupakan kekayaan bagi bangsa Indonesia.

Kemeriahan HUT RI ke 78 dengan menampilkan baju adat baik oleh para pejabat maupun petugas yang ikut serta menurunkan sangsaka merah putih hadir dari berbagai daerah dengan baju adat yang memiliki corak dan keragaman yang indah.

Salah satunya yang terpilih dengan memakai baju adat asal Madura yang di kenakan oleh Ricky, memakai baju adat Sakera, dengan peci hitam yang tinggi menjulang.

Baju adat yang di kenakan oleh Ricky, lengkap dengan peci hitam yang tinggi menjulang itu, masuk dalam penilaian terbaik sebagai baju adat dari Pulau garam tersebut, dan Ricky pun mendapatkan hadiah berupa Sepeda gunung.

Makna baju adat dan Peci hitam tinggi menjulang 

Momen HUT RI ke 78, setiap tahun menyimpan cerita yang tidak habis untuk ditonton, sebagai sebuah keanekaragaman akan adat dan istiadat masyarakat Nusantara ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline